Powered By Blogger

Rabu, 24 Agustus 2011

RPP kelas X semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                          Sekolah                 :  SMA Negeri 9 Kendari
                                          Mata Pelajaran    :  Fisika
                                          Kelas/semester     :   X /1
                                          Pertemuan ke       :   1
                                          Alokasi Waktu     :   3 x 45 menit
 

Standar Kompetensi               : 1.    Menerapkan  konsep  besaran fisika dan pengukurannya                                               
Kompetensi Dasar                  : 1.1  Mengukur besaran fisika (massa, panjang, dan waktu)
Indikator                                : 1.    Mengidentifikasi besaran pokok dan besaran turunan
  2.    Menentukan dimensi suatu besaran Fisis
 

I.       Tujuan Pembelajaran    :          
1.      Siswa dapat mengidentifikasi besaran pokok dan besaran turunan
2.      Siswa dapat menentukan dimensi suatu besaran fisis
3.      Siswa dapat menjelaskan manfaat penggunaan dimensi
4.      Siswa dapat mengkalibrasi suatu besaran satuan ke satuan lainnya

II.     Materi Pokok                :    Besaran Dan Satuan
                                                   -     Besaran Pokok
                                                   -     Besaran Turunan
                                                   -     Dimensi Besaran
           

III.    Metode Pembelajaran            :             
         1.   Model pembelajaran :  -    Direct Intruction (Pembelajaran langsung)
         2.   Metode                     :  -    Ceramah

IV.        Langkah-langkah Pembelajaran :
No
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1
Kegiatan Awal 
   - Pretes             :       Menanyakan  besaran dasar yang telah dipelajari di SLTP
   - Prasyarat       :       Kalibrasi satuan
   - Motivasi         :       Mengapa diperlukan suatu besaran ?
15’



2
Kegiatan inti
  1. Menyampaikan tujuan pembelajaran dan mempersiapkan siswa
  2. Mendemonstrasikan pengetahuan dan ketrampilan
  3. Menjelaskan tentang Pengertian besaran pokok dan turunan serta klasifikasinya
  4. Memberikan contoh penurunan besaran turunan dari besaran pokok
  5. Memberikan penjelasan tentang satuan
  6. Menjelaskan tentang satuan standar
  7. Memberikan penjelasan tentang dimensi suatu besaran
  8. Memberikan contoh penulisan dimensi serta penurunan dimensi suatu besaran
  9. Memberikan soal sebagai latihan kepada siswa untuk lebih memahami tentang dimensi
  10. Membimbing pelatihan
  11. Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
  12. Memberikan kesempatan untuk latihan lanjutan dan penerapan

  105’
3
Kegiatan Akhir
-   Penguatan dengan bertanya secara lisan tentang apa yang telah dipelajari
-   Memberikan tugas
-   Menginformasikan materi selanjutnya
15’


V.        Sumber/Alat dan bahan Belajar
-   Sumber Belajar        : Kanginan,M Fisika X, Erlangga  hal. 3-43; Supriyanto, Fisika X Phibeta, Istiyono, Fisika X Intan Pariwara  
            -   Alat dan bahan        : Bahan Presentase.

VI.       Penilaian       
            Tehnik Penilaian         : Penugasan, Tes Tertulis
            Bentuk Instrumen      :  Pilihan ganda/Uraian  (terlampir)
                       
Kognitif                                                        
1.   Lengkapi tabel berikut sehingga benar !
No.
Besaran
Satuan
Dimensi
Alat ukur
MKS
CGS
SI
1.
Panjang
..........
..........
..........
..........
..........
2.
..........
..........
gram
..........
..........
..........
3.
Waktu
..........
..........
..........
..........
..........
4.
Suhu
..........
..........
..........
..........
..........
5.
..........
..........
..........
Ampere
..........
..........
6.
..........
..........
..........
..........
[ N ]
..........
7.
Intensitas cahaya
..........
..........
..........
..........
..........

2.   Kelompok besaran berikut ini yang termasuk besaran pokok   adalah ….
a.                   gaya, kecepatan, dan panjang
b.                  massa, waktu, dan percepatan
c.                   berat, energi ,dan massa
d.                  tekanan, gaya, dan berat
e.                   massa, panjang, dan waktu

3. Kelompok besaran berikut ini yang termasuk besaran turunan adalah
a.             gaya, kecepatan, dan panjang
b.            massa, waktu, dan percepatan
c.             berat, energi ,dan massa
d.            tekanan, gaya, dan berat
e.             massa, panjang, dan waktu

 4. Jika  [M]  dimensi  massa, [L]  dimensi panjang dan  [T]  dimensi  waktu, maka dimensi   daya adalah….
       A. [M][L]-1[T]-2        B. [M][L]2[T]-3        C. [M][L][T]-2         D. [M][L]-1[T]2           E. [M][L]2[T]-2
                                                                                                           
                                                                                                            Kendari,       Juli 2008
Guru Pamong/ Guru Mata Pelajaran                                       Guru KKP




La Ode Askar, S. Pd                                                             Suherman, S.Pd
NIP. 131 880 882                                                                   Stb. A1C3 04 050

                                                       Mengetahui
Kepala Sekolah SMA Negeri 9 Kendari


Drs. H. La Ode Asyikin Azimu
NIP. 130 679 946
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                          Sekolah                 :  SMA Negeri 9 Kendari
                                          Mata Pelajaran    :  Fisika
                                          Kelas/semester     :   X /1
                                          Pertemuan ke       :   2
                                          Alokasi Waktu     :   3 x 45 menit
 

Standar Kompetensi               : 1.    Menerapkan  konsep  besaran fisika dan pengukurannya                                               
Kompetensi Dasar                  : 1.1  Mengukur besaran fisika (massa, panjang, dan waktu)
Indikator                                : 1.    Mengidentifikasi besaran pokok dan besaran turunan
  2.    Menentukan dimensi suatu besaran Fisis
 

I.       Tujuan Pembelajaran    :
1.      Siswa dapat menjelaskan penggunaan alat ukur  jangka sorong dan Mikrometer sekrup
2.      Siswa dapat menggunakan alat ukur massa
3.      Siswa dapat menggunakan alat ukur stop watch
4.      Siswa dapat menentukan ketelitian alat ukur massa,panjang dan waktu
5.      Siswa dapat menentukan jumlah angka penting dari hasil pengukuran
6.      Siswa dapat mengola data hasil pengukuran dengan memperhatikan aturan angka penting dan ketidakpastiannya
II.     Materi Pokok                :    Besaran Dan Satuan
                                                   -     Angka Penting
                                                   -     Pengukuran
                                                   -     Ketidakpastian pengukuran
                                         
           
III.    Metode Pembelajaran            :             
         1.   Model pembelajaran :  -    Direct Intruction (Pembelajaran langsung)
         2.   Metode                     :  -    Ceramah

V.           Langkah-langkah Pembelajaran :
No
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1
Kegiatan Awal 
   - Pretes              :       Menanyakan  alat ukur yang telah dipelajari di SLTP
   - Prasyarat       :       Besaran pokok dan turunan
   - Motivasi         :       Bagaimanakah mengukur dan melaporkan hasil pengukuran ?
15’



2
Kegiatan inti
  1. Menyampaikan tujuan pembelajaran dan mempersiapkan siswa
  2. Mendemonstrasikan pengetahuan dan ketrampilan
  3. Menjelaskan tentang berbagai jenis alat ukur seperti alat ukur panjang, massa dan waktu
  4. Memberikan contoh penggunaan alat – alat ukur tersebut pada berbagai benda
  5. Menjelaskan tata cara penggunaan alat –alat ukur tersebut dengan mengambil contoh pada sebuah benda
  6. Menjelaskan pengertian angka penting
  7. Menjelaskan aturan pada angka penting
  8. Memberikan penjelasan tentang ketidakpastian dalam pengukuran berdasarkan prinsip – prinsip angka berarti dan notasi ilmiah
  9. Memberikan contoh beberapa data untuk ditransfer dalam bentuk aturan angka berarti
  10. Memberikan soal sebagai latihan kepada siswa untuk lebih memahami tentang pengukuran baik mistar, mikrometer serta stopwarch
  11. Membimbing pelatihan
  12. Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
  13. Memberikan kesempatan untuk latihan lanjutan dan penerapan

  105’
3
Kegiatan Akhir
-   Penguatan dengan bertanya secara lisan tentang apa yang telah dipelajari
-   Memberikan tugas
-   Menginformasikan materi selanjutnya
15’


V.        Sumber/Alat dan bahan Belajar
-   Sumber Belajar        : Kanginan,M Fisika X, Erlangga  hal. 3-43; Supriyanto, Fisika X Phibeta, Istiyono, Fisika X Intan Pariwara  
            -   Alat dan bahan        : Bahan Presentase.

VI.       Penilaian       
            Tehnik Penilaian         : Penugasan, Tes Tertulis
            Bentuk Instrumen      :  Pilihan ganda/Uraian  (terlampir)
Kognitif                                                        
1.   Perhatikan tabel di bawah ini !
No.
Besaran
Satuan
Alat ukur
1.
Diameter
Meter
Jangka sorong
2.
Massa
Kg
Neraca pegas
3.
Waktu
Jam
Stop watch
4.
Suhu
Kelvin
Termometer
Besaran pokok menurut SI dengan alat ukur yang benar adalah .....
a.                   1,2 dan 3         d. 1 dan 4
b.                  1 dan 3                        e. 1,2,3 dan 4
c.                   2 dan 4      
A.       ( 12,35 ± 0,05 ) cm
B.       ( 12,36 ± 0,05 ) cm
C.      ( 12,37 ± 0,05 ) cm
D.      ( 12,35 ± 0,01 ) cm
E.       ( 12,30 ± 0,01 ) cm

 
2.  Tentukan pelaporan  hasil pengukuran panjang benda  berdasarkan aturan penulisan angka penting gambar berikut !
             10                        11                       12                        13      cm                  
    


                                                                                            
3.      Seorang siswa melakukan pengukuran diameter kelereng dengan jangka sorong berskala nonius 10 seperti  ditunjukkan pada gambar. Diameter kelereng tersebut adalah ....
      a.   1,40 cm
      b.   2,12 cm
      c.   2,13 cm
      d.   2,16 cm
      e.   2,23 cm





4.      Seorang siswa melakukan pengukuran dengan mikrometer sekrup seperti ditunjukkan pada gambar. Hasil pengukuran berdasarkan gambar tersebut adalah ....


















5. Pengukuran hambatan listrik didapatkan  data hasil pengukuran sebagai berikut :
No.
Pembacaan amperemeter (A)
Pembacaan Voltmeter(A)
 1
0,3
1,2
2
0,5
1,9
3
0,7
2,6
Berdasarkan data hasil percobaan di atas buatlah grafik hubungan Kuat arus(I) terhadap tegangan (V) & simpulkan berdasarkan hasil dari grafik tersebut !



6.   Hasil pengukuran panjang  dan lebar  suatu lantai adalah 12,61 m dan 5,2 m. Menurut aturan angka  penting   luas lantai tersebut adalah …..
          A.65 m2               B.65,5 m2           C.65,572 m2                        D.65,6 m2                    E.66 m2

   7.         Selesaikan dengan menggunakan prinsip angka penting operasi di bawah ini !
            a.  24,686 m + 2,343 m + 3,21 m                                c.   2,5 m x 3,14 m
            b.  6,35 x103 m – 5665 m                                            d.   (3 cm x 5,2 cm) : 2,10 cm




                                                                                                            Kendari,      Juli 2008
Guru Pamong/ Guru Mata Pelajaran                                 Guru KKP




La Ode Askar, S. Pd                                                       Suherman, S.Pd
NIP. 131 880 882                                                             Stb. A1C3 04 050


Mengetahui
Kepala Sekolah SMA Negeri 9 Kendari



Drs. H. La Ode Asyikin Azimu
                                                            NIP. 130 679 946



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                          Sekolah                 :  SMA Negeri 9 Kendari
                                          Mata Pelajaran    :  Fisika
                                          Kelas/semester     :   X /1
                                          Pertemuan ke       :   3
                                          Alokasi Waktu     :   3 x 45 menit
 

Standar Kompetensi               : 1.    Menerapkan  konsep  besaran fisika dan pengukurannya                                               
Kompetensi Dasar                  : 1.1   Mengukur besaran fisika (massa, panjang, dan waktu)
Indikator                                : 1.    Menggunakan  dan  membaca hasil pengukuran alat ukur panjang, massa, dan waktu
   2.    Menganalisis jumlah angka penting dalam suatu pengukuran 
   3.    Menganalisis data hasil pengukuran dengan memperhatiakan aturan angka penting dan ketidakpastiannya
 

I.       Tujuan Pembelajaran    :          
1.      Siswa dapat menggunakan alat ukur  jangka sorong dan Mikrometer sekrup
2.      Siswa dapat menggunakan alat ukur massa
3.      Siswa dapat menggunakan alat ukur stop watch
4.      Siswa dapat menentukan ketelitian alat ukur massa,panjang dan waktu
5.      Siswa dapat menentukan jumlah angka penting dari hasil pengukuran
6.      Siswa dapat mengola data hasil pengukuran dengan memperhatikan aturan angka penting dan ketidakpastiannya
7.      Siswa dapat menjelaskan tentang notasi dan besar vektor

II.     Materi Pokok                :    Praktek Pengukuran & Notasi dan besar Vektor
                                         

III.    Metode Pembelajaran            :             
         1.   Model pembelajaran :  -    Problem basic Introduction ( berbasis masalah)
         2.   Metode                     :  -    Eksperimen, Diskusi informasi
VI.        Langkah-langkah Pembelajaran :
No
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1
Kegiatan Awal 
   - Pretes             :       Menanyakan  materi yang dipelajari pekan lalu
   - Prasyarat       :       Besaran pokok dan turunan
   - Motivasi         :       Bagaimanakah mengukur dan melaporkan hasil pengukuran ?
10’



2
Kegiatan inti
1.     Guru membentuk kelompok yang terdiri atas 4-5 siswa
2.     Guru membagi LKS
3.     Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, mengulangi sedikit tentang penggunaan alat  dan memotivasi siswa terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah percobaan
4.     Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut
5.     Guru mendorong siswa untuk melakukan kegiatan mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah.
6.     Guru membantu siswa dalam merencanakan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya
7.     Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka gunakan
8.     Tindak lanjut
9.     Memberikan penjelasan kepada siswa tentang besaran yang diukur termasuk besaran vektor atau skalar
10. Menjelaskan notasi dan besar vektor
  110’
3
Kegiatan Akhir
-   Penguatan dengan bertanya secara lisan tentang apa yang telah dipelajari
-   Memberikan tugas
-   Menginformasikan materi selanjutnya
15’


V.        Sumber/Alat dan bahan Belajar
-   Sumber Belajar        : Kanginan,M Fisika X, Erlangga  hal. 3-43; Supriyanto, Fisika X Phibeta, Istiyono, Fisika X Intan Pariwara  
            -   Alat dan bahan        : Bahan Presentase, LKS.
VI.       Penilaian       
            Tehnik Penilaian         : Penugasan, Tes Tertulis
            Bentuk Instrumen      :  Skala sikap

            Afektif
Nama Siswa : ............
No.

Sikap dan perilaku

Sangat baik
(4)
baik
(3)
Cukup baik
(2)
Kurang
(1)
1
Antusias mengikuti kegiatan dan diskusi kelompok




2
Aktif pada kegiatan percobaan




3
Memiliki data hasil pengukuran




4
Kerapian laporan lengkap




5
Kerjasama kelompok




                                                Psikomotorik
NO
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Jumlah Skor
Cara memasang benda pada alat ukur
Cara mengunci alat ukur
Cara membaca penunjukkan alat ukur
Mencatat hasil pengukuran
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1


















2


















3


















4


















5


















                                                                                                            Kendari,     Juli 2008
Guru Pamong/ Guru Mata Pelajaran                                       Guru KKP




La Ode Askar, S. Pd.                                                            Suherman, S.Pd
NIP. 131 880 882                                                                   Stb. A1C3 04 050                 
Mengetahui
Kepala Sekolah SMA Negeri 9 Kendari


Drs. H. La Ode Asyikin Azimu
NIP. 130 679 946
Lampiran
Lembar Kerja Siswa

Aktifitas I
Pengukuran Panjang
A.    Tujuan
Setelah melakukan aktifitas ini diharapkan siswa dapat :
  1. Memilih dan membedakan alat ukur suatu besaran yang tepat
  2. Melakukan pengukuran panjang dan mampu membaca hasil pengukuran.
B.     Alat dan Bahan
1.      Jangka  Sorong
2.      Mikrometer Sekrup
3.      Mistar (Roll meter)
4.      Koin
  1. Kertas Folio
C.    Cara Kerja
1.      Ukurlah Koin yang tersedia di depan anda satu per satu dengan menggunakan jangka sorong micrometer sekrup
2.      Baca hasil pengukuran berdasarkan skala yang terbaca pada jangka sorong atau micrometer sekrup tersebut
3.      Tuliskan hasil pengukuran anda pada kolom berikut
Untuk Pengukuran dengan menggunakan Jangka Sorong
No.
Jenis Koin
Skala Utama (cm)
Skala Nonius (mm)
Nilai akhir (cm)
1





2





Untuk Pengukuran dengan menggunakan Mikrometer Sekrup
No.
Jenis Koin
Skala Utama (mm)
Skala Nonius (mm)
Nilai akhir (mm)
1





2






  1. Laporkan hasil pengukuran anda



Lembar Kerja Siswa
Aktifitas II
Pengukuran Waktu
A.    Tujuan
Setelah melakukan aktifitas ini diharapkan siswa dapat :
Melakukan pengukuran waktu dan mampu membaca hasil pengukuran.
B.     Alat dan Bahan
    1. Stopwatch
    2. Bandul Sederhana
C.    Cara Kerja
  1. Susunlah bandul yang ada dihadapan anda dengan tali yang panjangnya 100 cm
  2. Hitunglah waktu yang dibutuhkan oleh bandul untuk berayun sebanyak 10x ayunan
  3. Hitunglah waktunya untuk dua kali perlakuan
  4. Lakukan langkah 2 dan 3 untuk variasi tali 50 cm
  5. Masukkan  data hasil pengukuran anda pada kolom berikut :

No.
Panjang Tali (cm)
Waktu (Sekon)
Waktu rata – rata (Sekon)
Periode (Hertz)
1

100

1.



2.



2
50
1.



2.




  1. Laporkan hasil pengukuran anda









Lembar Kerja Siswa

Aktifitas III
Pengukuran Massa
A.          Tujuan
Setelah melakukan aktifitas ini diharapkan siswa dapat :
Melakukan pengukuran massa dan mampu membaca hasil pengukuran.
B.           Alat dan Bahan
  1. Neraca III Lengan
  2. 2 buah Benda
C.                                        Cara Kerja
1.      Pastikan posisi Neraca III lengan pada posisi nol (seimbang)
2.      Letakkan beban I pada meja beban, kemudian Ukurlah masanya Selanjutnya Ukurlah massa untuk benda II
3.      Masukkan data yang anda peroleh pada tabel di bawah ini

No
Jenis Benda
Nilai ukur
Nilai Akhir (gr)
Lengan I (gr)
Lengan II (gr)
Lengan III (gr)
1

Benda I




2

Benda II





4.      Laporkan hasil pengukuran anda












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                          Sekolah                 :  SMA Negeri 9 Kendari
                                          Mata Pelajaran    :  Fisika
                                          Kelas/semester     :   X /1
                                          Pertemuan ke       :   4
                                          Alokasi Waktu     :   3 x 45 menit
 

Standar Kompetensi               : 1.    Menerapkan  konsep  besaran fisika dan pengukurannya                                               
Kompetensi Dasar                  : 1.2  Melakukan Penjumlahan vektor
Indikator                                : 1.    Mengidentifikasi perbedaan besaran vektor dan skalar
                                                  2.    Melukis penjumlahan vektor secara grafis (segitiga,poligon dan jajaran genjang)
                                                  3.    Menentukan  besar dan arah vektor resultan
 

I.       Tujuan Pembelajaran    :          
1.      Siswa dapat mengidentifikasi perbedaan besaran vektor dan besaran skalar
2.      Siswa dapat menggambar vector secara segitiga
3.      Siswa dapat menggambar vector secara poligon
4.      Siswa dapat menggambar vector secara jajaran genjang
5.      Siswa dapat menentukan besar dan arah vektor resultan

II.     Materi Pokok                :    Vektor
                                                   -     Penguraian Vektor
                                                   -     Penjumlahan vektor
                                                   -     Mengalikan vektor         
           

III.    Metode Pembelajaran            :             
         1.   Model pembelajaran :  -    Direct Instruction (Pembelajaran langsung)
         2.   Metode                     :  -    Diskusi informasi

VII.     Langkah-langkah Pembelajaran :
No
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1
Kegiatan Awal 
   - Pretes             :       Menanyakan  materi sebelumnya
   - Prasyarat       :       Pengertian vektor dan notasinya?
   - Motivasi         :   Apakah penjumlahan vektor sama dengan penjumlahan secara aljabar ?
15’



2
Kegiatan inti
  1. Mempersiapkan siswa
  2. Menyampaikan tujuan pembelajaran
  3. Mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan
  4. Menjelaskan tentang penjumlahan vektor secara geometris (Metode polygon dan metode jajar genjang), penjumlahan vektor secara analitis, penjumlahan vektor berdasarkan komponen vektor satuan,
  5. Memberikan contoh soal terkait penjumlahan vektor secara geometris (Metode polygon dan metode jajar genjang), penjumlahan vektor secara analitis, penjumlahan vektor berdasarkan komponen vektor satuan,
  6. Mendeskripsikan materi tentang perkalian vektor  baik perkalian noktah dua vektor (Dot Product) ataupun perkalian silang Cross Product).
  7. Memberikan contoh kasus tentang perkalian vektor
  8. Membimbing pelatihan
  9. Memberikan kesempatan untuk latihan lanjutan dan penerapan
  105’
3
Kegiatan Akhir
-   Penguatan dengan bertanya secara lisan tentang apa yang telah dipelajari
-   Memberikan tugas dan Menginformasikan materi selanjutnya
15’


V.        Sumber/Alat dan bahan Belajar
-   Sumber Belajar        : Kanginan,M Fisika X, Erlangga  hal. 3-43; Supriyanto, Fisika X Phibeta, Istiyono, Fisika X Intan Pariwara  
            -   Alat dan bahan        : Bahan Presentase
VI.       Penilaian       
            Tehnik Penilaian         : Penugasan, Tes Tertulis
            Bentuk Instrumen      :  Pilihan ganda/Uraian  (terlampir)
Kognitif
1. Kelompok   besaran   berikut    yang   termasuk  besaran  vektor  adalah….
    A.panjang , massa , waktu
    B.kecepatan , percepatan  ,energi
    C.perpindahan , kecepatan , percepatan
    D.usaha , tekanan  , impuls
    E. jarak, posisi, kelajuan

2. Perhatikan diagram vektor di bawah ini :


 


     *                                                                                                                                    


                                                                                                                                       
                  (1)                                  (2)                             (3)                        (4)                       (5)
    Yang menyatakan adanya  hubungan  R = V1 – V2 adalah diagram vektor nomor …..
    A.(1)                           B.(2)                      C.(3)                             D.(4)                             E.(5)

3. Dua buah vektor F1= 3 N dan F2 = 4 N saling membentuk sudut  = 120o,resultan kedua vektor tersebut adalah …
            A. 5 N     B.7 N                        C.9 N                          D. N                     E. N
4. Tentukan resultan dua vektor segaris  pada gambar di bawah ini !
        -10                      0                               10                     20   cm


 


Kendari,      Juli  2008
Guru Pamong/ Guru Mata Pelajaran                                       Guru KKP


La Ode Askar, S. Pd.                                                            Suherman, S.Pd
NIP. 131 880 882                                                                   Stb. A1C3 04 050
Mengetahui
Kepala Sekolah SMA Negeri 9 Kendari


Drs. H. La Ode Asyikin Azimu
NIP. 130 679 946
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                          Sekolah                 :  SMA Negeri 9 Kendari
                                          Mata Pelajaran    :  Fisika
                                          Kelas/semester     :   X /1
                                          Pertemuan ke       :   5
                                          Alokasi Waktu     :   3 x 45 menit
 

Standar Kompetensi               : 2.    Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik
Kompetensi Dasar                  : 2.1 Menganalisis besaran fisika pada gerak dengan kecepatan dan percepatan kontan

Indikator                                :  1.   Menganalisis kedudukan, jarak dan perpindahan
   2.   Menganalisis kelajuan dan kecepatan
   3.   Menganalisis gerak lurus dengan kecepatan konstan
   4.   Menganalisis grafik gerak lurus dengan kecepatan konstan
 

I.       Tujuan Pembelajaran    :          
1.      Siswa dapat menidentifikasi pengertian gerak yaitugerak lurus
2.      Siswa dapat mengidentifikasi perbedaan kedudukan,jarak dan perpindahan
II.     Materi Pokok                :    Gerak Lurus Beraturan
                                             -  Kedudukan,jarak dan perpindahan
                                                        

III.    Metode Pembelajaran            :             
         1.   Model pembelajaran :  Direct Intruction  ( pembelajaran langsung)
         2.   Metode                     :  Diskusi informasi
VIII.  Langkah-langkah Pembelajaran :
No
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1
Kegiatan Awal 
   - Pretes             : Menanyakan  materi yang telah dipelajari
   - Prasyarat       : -
   - Motivasi         :  Memberikan ulangan harian tentang materi yang telah diberikan Apakah ciri-ciri gerak lurus beraturan ?
10’



2
Kegiatan inti
  1. Memberikan ulangan harian kepada siswa
  2. Mempersiapkan siswa
  3. Menyampaikan tujuan pembelajaran
  4. Menjelaskan defenisi dan pengertian gerak lurus
  5. Mendemonstrasikan tentamg perbedaan jarak dan perpindahan

90’

30’

3
Kegiatan Akhir
-   Penguatan dengan bertanya secara lisan tentang apa yang telah dipelajari
-   Memberikan tugas
-   Menginformasikan materi selanjutnya
15’


V.        Sumber/Alat dan bahan Belajar
-   Sumber Belajar        : Kanginan,M Fisika X, Erlangga  hal. 3-43; Supriyanto, Fisika X Phibeta, Istiyono, Fisika X Intan Pariwara  
            -   Alat dan bahan        : Bahan Presentase


VI.       Penilaian       
            Tehnik Penilaian         : Penugasan, Tes Tertulis
            Bentuk Instrumen      :  Pilihan ganda/Uraian  (terlampir)
           

Kognitif                                                         

1.    Jika posisi awal sebuah partikel pada x = 10  m dan sesaat kemudian posisinya  menjadi x = -17 m, berapakah perpindahan  dan jarak partikel tersebut ?

2.   Perhatikan pernyataan berikut :
      (1).  Bergerak dengan kecepatan konstan
      (2).  Lintasannya adalah garis  lurus
      (3).  Tanpa memiliki percepatan
      (4).  Kecepatannya berbanding lurus dengan jarak yang ditempuh
      Pernyataan yang termasuk karakteristik Gerak Lurus Beraturan adalah …..
      A.1,2 dan 3    B.1 dan 3    C.2 dan 4    D.4 saja    E.1,2,3 dan 4



Kendari,      Juli  2008

Guru Pamong/ Guru Mata Pelajaran                                       Guru KKP




La Ode Askar, S. Pd.                                                            Suherman, S.Pd
NIP. 131 880 882                                                                   Stb. A1C3 04 050




Mengetahui
Kepala Sekolah SMA Negeri 9 Kendari


Drs. H. La Ode Asyikin Azimu
NIP. 130 679 946










Lampiran                                            Ulangan Harian I
Sekolah                    : SMA Negeri 9 Kendari
Mata Pelajaran       : Fisika
Kelas                        : X
Waktu                      : 90 Menit (2 Jam Pelajaran)
Petunjuk Soal          : Kerjakanlah menurut apa yang dianggap paling mudah dan berdasarkan instruksi yang diberikan soal. Serta jangan ada yang kerja sama


 

1. Jelaskan perbedaan antara besaran pokok dan besaran turunan
2. Tuliskan masing – masing 3 contoh yang termasuk besaran pokok dan besaran turunan!
3. Tuliskan dimensi dari kecepatan dan percepatan
4. Seorang siswa melakukan pengukuran diameter kelereng dengan jangka sorong berskala nonius 10 seperti  ditunjukkan pada gambar. Berapakah Diameter kelereng tersebut?



                                                   Ket : Skala Utama  (cm)       
                                                            Skala Nonius (mm)

5. Seorang siswa melakukan pengukuran dengan mikrometer sekrup seperti ditunjukkan pada gambar. Berapakah Hasil pengukuran berdasarkan gambar tersebut?

















6.     (a) Tentukan jumlah angka penting dari angka – angka berikut ini :
            1. 32,52                                   3. 0,00078
            2. 8,0006                     4. 8,900 x 103
(b) Selesaikan dengan menggunakan prinsip angka penting operasi di bawah ini !
            1. 24,686 m + 2,343 m + 3,21 m                                 2.   2,5 m x 3,14 m
7. Jumlahkan vektor disamping dengan menggunakan metode :
    a. Segitiga                             B
                                A

    b. Jajar Genjang                          A                                        
                                                                                           B
8.  Pada gambar  Fx  =  komponen  gaya F pada sumbu  x . Jika  Fx = 3 N, tentukan komponen gaya pada  sumbu  y !
                                                          y
                                                       Fy                          F  


                                                                                                                     
                                                Fy                                             x    
                                         

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                          Sekolah                 :  SMA Negeri 9 Kendari
                                          Mata Pelajaran    :  Fisika
                                          Kelas/semester     :   X /1
                                          Pertemuan ke       :   6
                                          Alokasi Waktu     :   3 x 45 menit
 

Standar Kompetensi               : 2.    Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik
Kompetensi Dasar                  : 2.1    Menganalisis besaran fisika pada gerak dengan kecepatan dan percepatan kontan

Indikator                                : 1.       Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak dengan percepatan konstan
 

I.       Tujuan Pembelajaran    :          
1.      Siswa dapat mengidentifikasi kecepatan dan kelajuan pada gerak lurus
2.      Siswa dapat mengidentifikasi karakteristik gerak lurus beraturan
3.      Siswa dapat  menentukan perpindahan serta jarak dari sebuah benda pada gerak lurus beraturan
4.      Siswa dapat mengidentifikasi karateristik gerak lurus berubah beraturan
5.      Siswa dapat menentukan kedudukan benda pada tertentu
6.      Siswa dapat menentukan Perpindahan dan jarak suatu benda pada Gerak Lurus berubah beraturan
II.     Materi Pokok                :    Gerak Lurus Beraturan
                                                     Pengertian GLB
                                                     Perpindahan dan Jarak
                                                    Gerak Lurus Berubah Beraturan
                                                         -  Pengertian GLBB
                                                         -  Perpindahan dan jarak pada GLBB

III.    Metode Pembelajaran            :             
         1.   Model pembelajaran :  Direct Intruction  ( pembelajaran langsung)
         2.   Metode                     :  Diskusi informasi
IX.        Langkah-langkah Pembelajaran :
No
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1
Kegiatan Awal 
   - Pretes             : Menanyakan  pengertian dan besaran yang terdapat dalam gerak lurus
   - Prasyarat       : Gerak lurus beraturan
   - Motivasi         : Apakah ciri-ciri gerak lurus beraturan ?
15’



2
Kegiatan inti
  1. Mempersiapkan siswa
  2. Menyampaikan tujuan pembelajaran
  3. Mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan
  4. Menjelaskan tentang pengertian gerak lurus beraturan melalui beberapa penjelasan
  5. Mendemonstrasikan materi perpindahan dan jarak pada gerak lurus beraturan
  6. Menjelaskan tentang Gerak Lurus Berubah Beraturan
  7. Mendemonstrasikan karakteristik GLBB
  8. Menjelaskan materi perpindahan dan jarak Pada GLBB
  9. Memberikan contoh soal tentang materi yang telah diberikan
  10. Membimbing pelatihan
  11. Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
  12. Memberikan kesempatan untuk latihan lanjutan dan penerapan
  105’
3
Kegiatan Akhir
-   Penguatan dengan bertanya secara lisan tentang apa yang telah dipelajari
-   Memberikan tugas
-   Menginformasikan materi selanjutnya
15’



V.        Sumber/Alat dan bahan Belajar
-   Sumber Belajar        : Kanginan,M Fisika X, Erlangga  hal. 3-43; Supriyanto, Fisika X  Phibeta, Istiyono, Fisika X Intan Pariwara  
            -   Alat dan bahan        : Bahan Presentase, LKS.


VI.       Penilaian       
            Tehnik Penilaian         : Penugasan, Tes Tertulis
            Bentuk Instrumen      :  Pilihan ganda/Uraian  (terlampir)

                 
Kognitif                                                         

1.   Perhatikan pernyataan berikut :
      (1).  Bergerak dengan percepatan  konstan
      (2).  Lintasannya berupa parabola
      (3).  Kecepatan benda berubah secara teratur
      (4).  Kecepatannya berbanding lurus waktu
      Pernyataan yang termasuk karakteristik Gerak Lurus Berubah Beraturan adalah …..
      A.1,2 dan 3                        B.1 dan 3                     C.2 dan 4         D.4 saja                       E.1,2,3 dan 4
Diagram batang pada gambar di samping merupakan potongan pita ketik hasil rekaman gerakan kereta dinamik setiap selang waktu 1/10 sekon, kemudian ditempelkan secara berurutan.Jika frekuensi suplai listrik adalah 50 getaran/sekon, maka :
(1). kereta bergerak dengan percepatan tetap
(2). kecepatan awal benda 0,2 m/s
(3). kecepatan akhir benda 1,2 m/s
(4). kerera bergerak dipercepat beraturan
 
2.








       Pernyataan dia atas yang benar adalah..
          A.1,2 dan 3        B.1 dan 3    C.2 dan 4      D.4 saja     E.1,2,3 dan 4 
                                                                                                                       
Kendari,      Juli  2008
Guru Pamong/ Guru Mata Pelajaran                                       Guru KKP


La Ode Askar, S. Pd.                                                            Suherman, S.Pd
NIP. 131 880 882                                                                   Stb. A1C3 04 050
Mengetahui
Kepala Sekolah SMA Negeri 9 Kendari



Drs. H. La Ode Asyikin Azimu
NIP. 130 679 946
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                          Sekolah                 :  SMA Negeri 9 Kendari
                                          Mata Pelajaran    :  Fisika
                                          Kelas/semester     :   X /1
                                          Pertemuan ke       :   7
                                          Alokasi Waktu     :   3 x 45 menit
 

Standar Kompetensi               : 2.    Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik
Kompetensi Dasar                  : 2.1    Menganalisis besaran fisika pada gerak dengan kecepatan dan percepatan kontan

Indikator                                : 1.       Menganalisis peristiwa gerak jatuh bebas dan gerak vertikal keatas
 

I.       Tujuan Pembelajaran    :          
1.      Siswa dapat mengidentifikasi kecepatan pada GLBB
2.      Siswa dapat mengidentifikasi karakteristik Gerak vertikal ke atas
3.      Siswa dapat mengidentifikasi karakteristik Gerak vertikal ke bawah
4.      Siswa dapat mengidentifikasi karakteristik Gerak vertikal naik-turun
II.     Materi Pokok                :    Gerak Lurus Berubah Beraturan
-                Kecepatan pada GLBB
-                Gerak Vertikal ke atas
-                Gerak vertikal ke Bawah
-                Gerak jatuh bebas
-                Gerak vertikal naik-turun

III.    Metode Pembelajaran            :             
         1.   Model pembelajaran :  Direct Instruction  ( pembelajaran langsung)
         2.   Metode                     :  Diskusi informasi

X.           Langkah-langkah Pembelajaran :
No
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1
Kegiatan Awal 
   - Pretes             : Menanyakan  persamaan pada GLBB
   - Prasyarat       : GLBB
   - Motivasi         : Apakah perbedaan benda jatuh bebas dan benda dilempar vertikal ke atas ?
15’



2
Kegiatan inti
  1. Mempersiapkan siswa
  2. Menyampaikan tujuan pembelajaran
  3. Mendemonstrasikan kecepatan pada GLBB
  4. Mendemonstrasikan karakteristik Gerak vertikal ke atas
  5. Menjelaskan contoh – contoh gerak vertikal ke atas dalam kehidupan sehari-hari beserta contoh soalnya
  6. Mendemonstrasikan karakteristik Gerak vertikal ke bawah
g.     Menjelaskan contoh – contoh gerak vertikal ke bawah dalam kehidupan sehari-hari beserta contoh soalnya
h.     Mendemonstrasikan karakteristik Gerak vertikal naik-turun
i.       Menjelaskan contoh – contoh gerak vertikal naik-turun dalam kehidupan sehari-hari beserta contoh soalnya
  1. Membimbing pelatihan
  2. Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
  3. Memberikan kesempatan untuk latihan lanjutan dan penerapan
  105’
3
Kegiatan Akhir
-   Penguatan dengan bertanya secara lisan tentang apa yang telah dipelajari
-   Memberikan tugas
-   Menginformasikan materi selanjutnya
15’



V.        Sumber/Alat dan bahan Belajar
-   Sumber Belajar        : Kanginan,M Fisika X, Erlangga  hal. 3-43; Supriyanto, Fisika X  Phibeta, Istiyono, Fisika X Intan Pariwara. 
            -   Alat dan bahan        : Bahan Presentase.

VI.       Penilaian       
            Tehnik Penilaian         : Penugasan, Tes Tertulis
            Bentuk Instrumen      :  Pilihan ganda/Uraian  (terlampir),Skala sikap

            Afektif
Nama Siswa : ............
No.

Sikap dan perilaku

Selalu

(4)
Sering

(3)
Kadang-kadang
(2)
Tidak pernah
(1)
1
Antusias mengikuti kegiatan belajar




2
Mengikuti secara seksama penjelasan guru/teman




3
Aktif bertanya pada guru




4
Aktif mengerjakan latihan soal yang diberikan




5
Aktif mengerjakan latihan soal yang diberikan




6
Senang terahadap materi yang disajikan




           
Kognitif                                                   

1.         Sebuah benda jatuh bebas dari ketinggian tertentu, jika gesekan dengan udara diabaikan, maka ....
(1). Kecepatan awal benda nol
(2). Percepatan benda tetap
(3). Benda bergerak lurus berubah beraturan
(4). Besar kecepatan tergantung pada ketinggian
pernyataan yang benar berkiatan dengan gerak benda jatuh bebas adalah ....
A.     1,2 dan 3   B. 1 dan 3        C. 2 dan 4        D. 4 saja                      E.1,2,3 dan 4

2.         Benda jatuh bebas adalah benda yang memiliki :
            1.   kecepatan awal nol
            2.   percepatan = percepatan gravitasi
            3.   arah percepatan ke pusat bumi
            4.   besar percepatan tergantung pada massa benda
            Pernyataan di atas yang benar adalah ....
B.     1,2 dan 3   B. 1 dan 3        C. 2 dan 4        D. 4 saja                      E.1,2,3 dan 4



3.         Sebuah benda jatuh bebas dari ketinggian 25 m dari tanah. Jika percepatan gravitasi bumi 10 m/s2, maka kecepatan benda tersebut mencapai ketinggian 5 m dari tanah adalah ...
            a.  50 ms-1                    b. 40 ms-1                           c. 20 ms-1         d.  15 ms-1        e.  10 ms-1

4.         Sebuah benda dijatuhkan dari ujung sebuah menara, tanpa kecepatan awal, setelah 2 detik benda mencapai tanah. Jika g=10 m/s2   . Tentukan tinggi menara tersebut       

5.         Sebuah batu dilempar vertikal ke atas dengan kecepatan 10 m/s, maka ketinggian maksimum yang dicapai batu adalah ….

                              50 cm
6.  

             A                     B                                      C
                            20 cm


Sebuah benda bergerak dengan lintasan seperti pada gambar di samping. Besar kecepatan rata-rata benda yang beregerak menurut data pada gambar di samping adalah …..
  1. 0,25 m/s                  D. 1,50 m/s
  2. 1,00 m/s                  E. 2,50 m/s
C.    1,25 m/s
 
            
7.   Olahragawan berlari pada lintasan PQ  à QR lihat gambar . Dari PQ ditempuh dalam waktu 20  detik sedang Q ke R  ditempuh dalam waktu  20 detik . Maka kecepatan rata-rata pelari tersebut adalah ….
      A.  1 m/s                            D.6 m/s           
       B.  2 m/s                                     E.12 m/s
       C.  4 m/s



                                                                                                            Kendari,      Juli  2008
Guru Pamong/ Guru Mata Pelajaran                                       Guru KKP




La Ode Askar, S. Pd.                                                            Suherman, S.Pd
NIP. 131 880 882                                                                   Stb. A1C3 04 050




Mengetahui
Kepala Sekolah SMA Negeri 9 Kendari




Drs. H. La Ode Asyikin Azimu
NIP. 130 679 946




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                          Sekolah                 :  SMA Negeri 9 Kendari
                                          Mata Pelajaran    :  Fisika
                                          Kelas/semester     :   X /1
                                          Pertemuan ke       :   8
                                          Alokasi Waktu     :   3 x 45 menit
 

Standar Kompetensi               : 2.    Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik
Kompetensi Dasar                  : 2.2  Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan kecepatan

Indikator                                :  1. Mengidentifikasi karakteristik gerak melingkar dengan kecepatan konstan
2.      Mengidentifikasi besaran frekuensi, frekuensi sudut, periode, dan  sudut tempuh yang terdapat pada gerak melingkar dengan laju konstan
3.      Mengidentifikasi besaran kecepatan linier, kecepatan sudut, percepatan sentri petal pada gerak melingkar beraturan
 

I.       Tujuan Pembelajaran    :          
1.      Siswa dapat mengidentifikasi gerak melingkar
2.      Siswa dapat mengidentifikasi besaran dalam gerak melingkar
3.      Siswa dapat menentukan frekuensi, dan periode pada gerak melingkar
4.      Siswa dapat menentukan lintasan linear dan lintasan sudut pada gerak melingkar

II.     Materi Pokok                :    Gerak Melingkar
                                                         -  Pengertian Gerak Melingkar
                                                         -  Besaran dasar pada Gerak Melingkar
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    
                                         

III.    Metode Pembelajaran            :             
         1.   Model pembelajaran :  Direct Instruction  ( pembelajaran langsung)
         2.   Metode                     :  Diskusi informasi
XI.        Langkah-langkah Pembelajaran :
No
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1
Kegiatan Awal 
   - Pretes             : Menanyakan  persamaan pada GJB dan GVA
   - Prasyarat       : GLB
   - Motivasi         : Bagaimanakah ciri dari gerak melingkar beraturan ?
15’



2
Kegiatan inti
  1. Mempersiapkan siswa
  2. Menyampaikan tujuan pembelajaran
  3. Mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan
  4. Menggali pengetahuan awal siswa tentang gerak melingkar
  5. Mendemosntrasikan besaran-besaran dasar  dalam gerak melingkar
  6. Menjelaskan materi frekuensi, dan periode, lintasan linear dan lintasan sudut pada gerak melingkar
  7. Memberikan contoh soal dan latihan bersama kepada siswa.
  8. Membimbing pelatihan
  9. Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
  10. Memberikan kesempatan untuk latihan lanjutan dan penerapan
  105’
3
Kegiatan Akhir
-   Penguatan dengan bertanya secara lisan tentang apa yang telah dipelajari
-   Memberikan tugas
-   Menginformasikan materi selanjutnya
15’


V.        Sumber/Alat dan bahan Belajar
-   Sumber Belajar        :  Kanginan,M Fisika X, Erlangga  hal. 3-43; Supriyanto, Fisika X  Phibeta, Istiyono, Fisika X Intan Pariwara. 
            -   Alat dan bahan        : Bahan Presentase, LKS.

VI.       Penilaian       
            Tehnik Penilaian         : Penugasan, Tes Tertulis
            Bentuk Instrumen      :  Pilihan ganda/Uraian  (terlampir)

                 
Kognitif                                                         
1.   Sebuah satelit bergerak mengelilingi bumi, dengan laju v yang konstan pada jarak R yang tetap dari pusat bumi.
1.            satelit mengalami percepatan v/R ke arah pusat bumi
2.            satelit menempuh satu lingkaran dalam waktu pR/T
3.            satelit mempunyai kecepatan sudut tetap sebesar v/R
4.            satelit memiliki kecepatan linier tetap sebesar 2pR/T
      pernyataan yang benar adalah ….
      A.1,2 dan 3          B.1 dan 3        C.2 dan 4      D.4 saja     E.1,2,3 dan 4

2.   sebuah roda berdiameter 3 m berputar pada 120 rpm.
      Hitung : a). frekuensi dan periode putaran
                   b). kecepatan sudut
                   c)   kecepatan linier pada tepi roda

3.   Sebuah bor listrik berotasi pada 1800 rpm. Berapakah sudut yang ditempuh saat  t =  5 s
                                                                                                Kendari,      Juli  2008
Guru Pamong/ Guru Mata Pelajaran                                       Guru KKP




La Ode Askar, S. Pd.                                                            Suherman, S.Pd
NIP. 131 880 882                                                                   Stb. A1C3 04 050

Mengetahui
Kepala Sekolah SMA Negeri 9 Kendari



Drs. H. La Ode Asyikin Azimu
NIP. 130 679 946
                                              
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                          Sekolah                 :  SMA Negeri 9 Kendari
                                          Mata Pelajaran    :  Fisika
                                          Kelas/semester     :   X /1
                                          Pertemuan ke       :   9
                                          Alokasi Waktu     :   3 x 45 menit
 

Standar Kompetensi               : 2.    Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik
Kompetensi Dasar                  : 2.2 Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan kecepatan

Indikator                                :  1.    Hubugan kecepatan sudut, dan kecepatan linier pada gerak melingkar

I.       Tujuan Pembelajaran :         
1.      Siswa dapat menentukan kecepatan linier dan kecepatan sudut pada gerak melingkar
2.      Siswa dapat menentukan percepatan linear dan percapatan sudut pada gerak melingkar
3.      Siswa dapat menentukan percepatan sentripetal pada gerak melingkar
4.      Siswa dapat mengidentifikasi karakteristik Gerak Melingkar Beraturan (GMB) beserta besaran-besarannya.
II.     Materi Pokok                :  Gerak Melingkar
                                                      Kecepatan Linear & Kecepatan Sudut
                                                      Percepatan Linear & Percepatan Sudut
                                                      Percepatan Sentripetal
                                                      Gerak Melingkar Beraturan                                                                                                                                                                                             
                                         
III.    Metode Pembelajaran   :       
         1.   Model pembelajaran :  Direct Instruction  ( pembelajaran langsung)
         2.   Metode                     :  Diskusi informasi
IV.     Langkah-langkah Pembelajaran :
No
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1
Kegiatan Awal 
   - Pretes             : Menanyakan  persamaan pada GMB
   - Prasyarat       : GMB
   - Motivasi         : Bagaimanakah hubungan kecepatan linier dan kecepatan sudut pada roda yang saling dibungkan ?
15’



2
Kegiatan inti
a.      Mempersiapkan siswa
b.      Menyampaikan tujuan pembelajaran
c.      Mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan
d.      Menjelaskan tentang kecepatan linier dan kecepatan sudut pada gerak melingkar
e.      Mendemonstrasikan percepatan linear dan percapatan sudut pada gerak melingkar
f.       Mendemonstrasikan percepatan sentripetal pada gerak melingkar
g.       Menjelaskan karakteristik Gerak Melingkar Beraturan (GMB) beserta besaran-besarannya
h.      Memberikan contoh dan latihan soal tentang materi yang telah diberikan
i.        Membimbing pelatihan
j.        Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
k.      Memberikan kesempatan untuk latihan lanjutan dan penerapan
  105’
3
Kegiatan Akhir
-   Penguatan dengan bertanya secara lisan tentang apa yang telah dipelajari
-   Memberikan tugas
-   Menginformasikan materi selanjutnya
15’



V.        Sumber/Alat dan bahan Belajar
-   Sumber Belajar        : Kanginan,M Fisika X, Erlangga  hal. 3-43; Supriyanto, Fisika X  Phibeta, Istiyono, Fisika X Intan Pariwara
            -   Alat dan bahan        : Bahan Presentase,

VI.       Penilaian       
            Tehnik Penilaian         : Penugasan, Tes Tertulis
            Bentuk Instrumen      :  Pilihan ganda/Uraian  (terlampir),Skala sikap

            Afektif
Nama Siswa : ............
No.

Sikap dan perilaku

Selalu

(4)
Sering

(3)
Kadang-kadang
(2)
Tidak pernah
(1)
1
Antusias mengikuti kegiatan belajar mengajar & Tanya Jawab




2
Mengikuti secara seksama penjelasan guru/teman




3
Aktif bertanya pada guru




4
Aktif mengerjakan latihan soal yang diberikan




5
Aktif mengerjakan latihan soal yang diberikan




6
Senang terahadap materi yang disajikan




           
Kognitif   
1.   Perhatikan pernyataan berkut :
      (1). Besar kecepatan liniernya tetap
      (2). Vektor kecepatan berubah
      (3). Percepatan sentripetal selalu menuju pusat lingkaran
      (4). Kecepatan sudut tetap
      Pernyataan yang benar berkaitan dengan gerak melingkar beraturan adalah ….
      a.  1,2 dan 3           b. 1 dan 3                    c. 2 dan 4                     d. 4 saja           e.  1,2,3 dan 4

2.   Pernyataan berikut tentang percepatan sentripetal  pada gerak melingkar :
      (1). Percepatan sentripetal disetiap titik pada lintasannya selalu menuju pusat lingkaran
      (2). Percepatan sentripetal mengubah arah kecepatan linier sehingga lintasan berupa lingkaran
      (3). Besar percepatan sentripetal pada setiap lintasan tergantung pada kecepatan sudut dan jari-jari
      (4). Arah vektor percepatan sentripetal  searah dengan vektor kecepatan liniernya
      Pernyataan di atas yang benar adalah ….
      a.   1 dan 2                          b. 2 dan 3                  c. 3 dan 4              d. 1,2 dan 3                             e. 1,2, 3 dan 4




3.
    A                R
     





      a. 1,2 dan 3                b. 1 dan 3                c. 2 dan 4                    d. 4 saja                  e.1,2,3 dan 4

4. Sebuah benda yang bergerak melingkar beraturan ,maka:  
1.      vektor kecepatannya berubah setiap saat
2.      laju benda tetap
3.      memiliki percepatan tangensial yang
            mengubah besar kecepatan benda      
4.   Mempunyai  percepatan    radial  yang  
            menuju pusat lintasan
     Pernyataan di  atas  yang  benar  adalah……
          A.1,2 dan 3          B.1 dan 3        C.2 dan 4      D.4 saja     E.1,2,3 dan 4
                             

Kendari,      Juli  2008
Guru Pamong/ Guru Mata Pelajaran                                       Guru KKP




La Ode Askar, S. Pd.                                                            Suherman, S.Pd
NIP. 131 880 882                                                                  

Mengetahui
Kepala Sekolah SMA Negeri 9 Kendari



Drs. H. La Ode Asyikin Azimu
NIP. 130 679 946














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                          Sekolah                 :  SMA Negeri 9 Kendari
                                          Mata Pelajaran    :  Fisika
                                          Kelas/semester     :   X /1
                                          Pertemuan ke       :   10
                                          Alokasi Waktu     :   2 x 45 menit
 

Standar Kompetensi               : 2.    Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik
Kompetensi Dasar                  : 2.2    Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan kecepatan

Indikator                                :  1.    Hubugan kecepatan sudut, dan kecepatan linier pada gerak roda berhubungan

I.       Tujuan Pembelajaran :         
1.      Siswa dapat mengidentifikasi karakteristik Gerak Melingkar Berubah Beraturan (GMBB) beserta besaran-besarannya.
2.      Siswa dapat mengidentifikasi hubungan kecepatan sudut dan kecepatan linier antara dua roda yang berhubungan
3.      Siswa dapat menentukan kecepatan linier pada hubungan dua roda yang seporos
4.      Siswa dapat menentukan kecepatan sudut pada hubungan dua roda yang bersinggungan
5.      Siswa dapat menentukan kecepatan sudut pada hubungan dua roda yang dihubungkan dengan tali
II.     Materi Pokok                :   Hubungan Roda
                                                    Gerak Melingkar Berubah Beraturan                       
                                         
III.    Metode Pembelajaran   :       
         1.   Model pembelajaran :  Direct Instruction  ( pembelajaran langsung)
         2.   Metode                     :  Diskusi informasi
IV.     Langkah-langkah Pembelajaran :
No
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1
Kegiatan Awal 
   - Pretes             : Menanyakan  persamaan pada GMB
   - Prasyarat       : GMB
   - Motivasi         : Bagaimanakah hubungan kecepatan linier dan kecepatan sudut pada roda yang saling dibungkan ?
10’



2
Kegiatan inti
a.       Mempersiapkan siswa
b.      Menyampaikan tujuan pembelajaran
c.       Mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan
d.      Mendemonstrasikan karakteristik Gerak Melingkar Berubah Beraturan (GMBB) beserta besaran-besarannya.
e.       Menjelaskan 3 jenis hubungan antara dua roda dalam gerak melingkar
f.       Mendemonstrasikan hubungan kecepatan sudut dan kecepatan linier antara dua roda yang berhubungan
g.       Mendemonstrasikan kecepatan linier pada hubungan dua roda yang seporos
h.      Mendemonstrasikan kecepatan sudut pada hubungan dua roda yang bersinggungan
i.        Mendemonstrasikan kecepatan sudut pada hubungan dua roda yang dihubungkan dengan tali
j.        Memberikan contoh dan latihan soal tentang materi yang telah diberikan
k.      Membimbing pelatihan
l.        Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
m.    Memberikan kesempatan untuk latihan lanjutan dan penerapan
  70
3
Kegiatan Akhir
-   Penguatan dengan bertanya secara lisan tentang apa yang telah dipelajari
-   Memberikan tugas
-   Menginformasikan materi selanjutnya
10’


V.        Sumber/Alat dan bahan Belajar
-   Sumber Belajar        : Kanginan,M Fisika X, Erlangga  hal. 3-43; Supriyanto, Fisika X  Phibeta, Istiyono, Fisika X Intan Pariwara
            -   Alat dan bahan        :  Bahan Presentase,

VI.       Penilaian       
            Tehnik Penilaian         : Penugasan, Tes Tertulis
            Bentuk Instrumen     :  Pilihan ganda/Uraian  (terlampir)

Kognitif                                           
Gambar melukiskan tiga roda yang berada pada suatu sistem gerak dengan roda R1 dan R3 seporos putar. Jika R1 = 30 cm  , R2 = 20 cm , R3 = 5 cm dan kecepatan linier titik P = 12 cm/s, maka kecepatan linier titik Q yang terletak pada roda R3 adalah ….
 
1.
                                                             P            
                R1 
                        R3
                          Q                                       R2 


        a. 1 cm/s              b. 2 cm/s          c.3 cm/s           d.4 cm/s                       e. 6 cm/s   
2.   Tiga buah roda dihubungkan seperti pada gambar. A dan B menyatu dan sepusat B dan C dibungkan dengan ban. Jika RA= 4 cm ,RB= 2 cm dan RC = 10 cm, tentukan perbandingan kecepatan sudut Roda B dan Roda C


Kendari,      Juli  2008
Guru Pamong/ Guru Mata Pelajaran                                       Guru KKP




La Ode Askar, S. Pd.                                                            Suherman, S.Pd
NIP. 131 880 882                                                                  

Mengetahui
Kepala Sekolah SMA Negeri 9 Kendari


Drs. H. La Ode Asyikin Azimu
NIP. 130 679 946
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                          Sekolah                 :  SMA Negeri 9 Kendari
                                          Mata Pelajaran    :  Fisika
                                          Kelas/semester     :   X /1
                                          Pertemuan ke       :   11
                                          Alokasi Waktu     :   3 x 45 menit
 

Standar Kompetensi               : 2.    Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik
Kompetensi Dasar                  : 2.3    Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal dan gerak melingkar beraturan
Indikator                                : 1.   Mengidentifikasi penerapan prinsip hukum 1 Newton (hukum inersia) dalam kehidupan sehari-hari
2.            Mengidentifikasi penerapan prinsip hukum 2 Newton  dalam kehidupan sehari-hari
3.            Mengidentifikasi penerapan prinsip hukum 3 Newton  dalam kehidupan sehari-hari

I.       Tujuan Pembelajaran                :  
1.      Siswa dapat mengidentifikasi penerapan hukum 1 newton dalam kehidupan sehari-hari
2.      Siswa dapat mengidentifikasi penerapan hukum 2 newton dalam kehidupan sehari-hari
3.      Siswa dapat mengidentifikasi penerapan hukum 3 newton dalam kehidupan sehari-hari

II.     Materi Pokok                :    Hukum Newton tentang gerak
-          Hukum 1 Newton
-          Hukum 2 Newton
-          Hukum 3 Newton
                                                                                                              
                                         

III.    Metode Pembelajaran            :             
         1.   Model pembelajaran :  -    Demonstrasi
         2.   Metode                     :  -    Ceramah , Diskusi informasi
XII.     Langkah-langkah Pembelajaran :
No
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1
Kegiatan Awal 
   - Pretes             : Menanyakan  persamaan pada GMB
   - Prasyarat       : GLB,GLBB,GMB
   - Motivasi         : Bagaimanakah hubungan antara massa,gaya dan percepatan benda ?
15’



2
Kegiatan inti
  1. Guru mengabsen siswanya
  2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
  3. Menunjuk salah seorang siswa untuk mendemonstrasikan beberapa skenario yang telah disiapkan
  4. Seluruh siswa memperhatikan demonstrasi dan menganalisa
  5. Tiap siswa atau kelompok mengemukakan hasil analisanya dan juga pengalaman siswa didemontrasikan
  6. Guru membuat kesimpulan dari eksperimen yang telah dilakukan
  7. Guru menjelaskan tentang hukum Newton I,II dan III disertai dengan contoh soal masing – masing
  8. Memberikan latihan soal  dan Tindak lanjut
  105’
3
Kegiatan Akhir
-   Penguatan dengan bertanya secara lisan tentang apa yang telah dipelajari
-   Memberikan tugas
-   Menginformasikan materi selanjutnya
15’


V.        Sumber/Alat dan bahan Belajar
-   Sumber Belajar  :  Kanginan,M Fisika X, Erlangga  hal. 3-43; Supriyanto, Fisika X  Phibeta, Istiyono, Fisika X Intan Pariwara
-     Alat                    : Alat demonstrasi
-     Bahan                : Bahan Presentase.
VI.       Penilaian       
            Tehnik Penilaian         : Penugasan, Tes Tertulis
            Bentuk Instrumen      :  Pilihan ganda/Uraian  (terlampir)

Kognitif                                                         
1.   Berikan beberapa contoh penerapan hukum I Newton dalam kehidupan sehari-hari !

2.   Sebuah benda bermassa m, padanya bekerja gaya F, hingga benda memperoleh percepatan a.  Jika massa benda dijadikan 2 m dan gayanya 4 F, maka percepatan benda menjadi .......
            A.  8 a                 B.  4 a             C.  2 a               D. a               E. 
3.   Berikan beberapa contoh penerapan hukum III Newton dalam kehidupan sehari-hari !






Sebuah benda massanya 2 kg berada pada bidang datar yang licin, kecepatan benda bertambah dari 5 m/s menjadi 7 m/s setelah menempuh jarak 6 meter. Besar gaya mendatar yang menyebabkan pertambahan kecepatan benda adalah ….

 


 

4.                                        F




            A.2 N                          B.3 N                          C.4 N                D.6 N                                    E.8 N
Sebuah benda dengan massa 2 kg terletak pada bidang pada bidang datar yang licin mula-mula kemudian ditarik dengan gaya F sehingga benda bergerak dengan kecepatan  4 m/s selama 2 sekon, maka besar gaya yang bekerja pada benda adalah ….
A. 1 N           B.2 N           C.4 N      D.8 N           E.16 N
       
 
   
5. 


 

                                       F


 

           Licin


6. Gambarkan uraian gaya-gaya sesuai gambar berikut ini
                                                             b)                                               c)
      a).                        m                     












 


                                                                                     m            







7.         Tentukan pasangan gaya aksi – reaksi pada gambar !











8.Sebuah benda dalam keadaan seimbang (hampir bergerak ) pada bidang datar kasar setelah padanya dikerjakan gaya tarik dengan sudut 30o terhadap bidang datar tersebut. Diagram gaya yang benar  adalah ….
               N           F                  N            F                           F                            F                    N      F           


 

                                                                                                                        fg
                                fg      Fg                                                                    Fg     fg
                  W                               W                         F                               F   
            ( A )                                (B)                    ( C )                           (D)                       (E)               
                              
9 Sebuah benda bermassa m  bergerak dengan percepatan a akibat gaya F yang bekerja pada benda tersebut. Satuan gaya dalam SI  adalah ….
      A. Newton                  B.kg. m/s2        C.Dyne           D.gr cm/s2              E.Joule
10
 
        Sebutir kelereng diletakkan di atas kertas pada permukaan meja, seperti pada gambar di atas. Ketika kertas digerakkan perlahan-lahan ke kanan kelereng ikut bergerak dengan laju sama dengan laju kertas. Bagaimanakah keadaan kelereng tersebut saat dihentikan secara tiba-tiba ?

Kendari,      Juli  2008
Guru Pamong/ Guru Mata Pelajaran                                       Guru KKP




La Ode Askar, S. Pd.                                                            Suherman, S.Pd
NIP. 131 880 882                                                                  

Mengetahui
Kepala Sekolah SMA Negeri 9 Kendari


Drs. H. La Ode Asyikin Azimu
NIP. 130 679 946

       
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                          Sekolah                 :  SMA Negeri 9 Kendari
                                          Mata Pelajaran    :  Fisika
                                          Kelas/semester     :   X /1
                                          Pertemuan ke       :   12
                                          Alokasi Waktu     :   3 x 45 menit
 

Standar Kompetensi               : 2.    Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik
Kompetensi Dasar                  : 2.3    Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal dan gerak melingkar beraturan
Indikator                                :  4. Menyelidiki karakteristik gesekan statis dan kinetis melalui percobaan sederhana
                                                     5.  Menerapkan hukum newton pada gerak benda pada bidang datar/miring dengan dan atau tanpa gesekan
                                                     6.    Menerapkan hukum Newton dengan gaya sentripetal pada gerak melingkar
I.       Tujuan Pembelajaran        :      
1.      Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi gaya gesekan statis atau kinetis
2.      Siswa dapat menerapkan hukum newton pada bidang datar licin atau kasar
3.      Siswa dapat Menerapkan Hukum newton pada bidang miring licin atau kasar
4.      Siswa dapat menerapkan hukum Newton dengan gaya sentripetal pada gerak melingkar

II.     Materi Pokok                :     - Analisis Kuantitatif dinamika Sederhana Pada Bidang Tanpa Gesekan
                                                         - Gaya Gesekan
                                                         - Gaya Sentripetal
III.    Metode Pembelajaran      :    
         1.   Model pembelajaran :  -    Problem Based Introduction
         2.   Metode                     :  -    Ceramah, Diskusi informasi
IV.    Langkah-langkah Pembelajaran :
No
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1
Kegiatan Awal 
   - Pretes             : Menanyakan  bunyi hukum II nerwton
   - Prasyarat       : Hukum I,II dan III Newton
   - Motivasi         : Sejauh manakah pengaruh gesekan pada hukum Newton ?
15’



2
Kegiatan inti
  1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
  2. Guru mendemonstrasikan materi penerapan hukum Newton pada bidang miring yang licin, katrol beserta contoh soal yang terkait dengan materi tersebut.
  3. Guru Memberikan  beberapa latihan soal kepada siswa
  4. Guru mendemonstrasikan tentang gaya gesekan yang mempengaruhi gerak benda, arah gaya kontak (gaya gesekan dan gaya normal) dalam berbagai bidang sentuh  yakni pada bidang datar, bidang miring dan bidang tegak.
  5. Menjelaskan manfaat serta kerugian yang diakibatkan oleh gaya gesekan dalam kehidupan sehari – hari
  6. Mendemonstrasikan berbagai jenis gaya gesekan yakni gesek kinetis ataupun statis
  7. Menganalisis secara bersama gerak benda dibawah pengaruh gaya gesekan baik pada miring ataupun vertikal.

  1. Memberikan latihan serta berbagai contoh soal agar siswa lebih memahami materi.
  105’
3
Kegiatan Akhir
-   Penguatan dengan bertanya secara lisan tentang apa yang telah dipelajari
-   Memberikan tugas
-   Menginformasikan materi selanjutnya
15’


V.        Sumber/Alat dan bahan Belajar
-   Sumber Belajar        : Kanginan,M Fisika X, Erlangga  hal. 3-43; Supriyanto, Fisika X  Phibeta, Istiyono, Fisika X Intan Pariwara
-        bahan                      : Bahan Presentase
VI.       Penilaian       
            Tehnik Penilaian         : Penugasan, Tes Tertulis,laporan
            Bentuk Instrumen      :  Pilihan ganda/Uraian  (terlampir)
                 
Kognitif                                                         
1.      Sebuah benda m = 2 kg berada pada bidang datar yang kasar.Pada benda bekerja gaya dalam arah horizontal sebesar 20 Newton. Apabila koefisien gesekan kinetis antara benda dan bidang 0,4, dan koefisien gesekan statis 0,5 maka percepatan yang dialami benda adalah ….
          A. 3 m/s2                       B. 6 m/s2                   C. 10 m/s2      D. 12 m/s2        E. 16 m/s2
Bila balok m = 1,5  kg diberi gaya F yang membentuk sudut 45o terhadap lantai kasar, balok bergerak dengan percepatan tetap 4/3 ms-2, dan g = 10 ms-2, maka koefisien gesekan balok dan lantai adalah ….
A.1/5         B.1/3           C.1/2           D.3/10           E.
 
2.                       F=10 N

                                45o
       fk




Sebuah benda massanya 1 kg berada pada sebuah bidang miring dengan sudut kemiringan = 37o, koefisien gesekan kinetisnya 0,5. Tentukan  percepatan yang dialami oleh benda , bila g = 10 m/s2
 
 


3.



A. 0,5 m/s2      B. 1,0 m/s2                         C. 1,5 m/s2       D. 2,0 m/s2      E. 2,5 m/s2
Kendari,      Juli  2008
Guru Pamong/ Guru Mata Pelajaran                                       Guru KKP



La Ode Askar, S. Pd.                                                            Suherman, S.Pd
NIP. 131 880 882                                                                  

Mengetahui
Kepala Sekolah SMA Negeri 9 Kendari


Drs. H. La Ode Asyikin Azimu
NIP. 130 679 946
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                          Sekolah                 :  SMA Negeri 9 Kendari
                                          Mata Pelajaran    :  Fisika
                                          Kelas/semester     :   X /1
                                          Pertemuan ke       :   14
                                          Alokasi Waktu     :   2 x 45 menit
 

Standar Kompetensi               : 2.    Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik
Kompetensi Dasar                  : 2.3    Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal dan gerak melingkar beraturan
Indikator                                :       
                                                   6.  Menerapkan hukum Newton dengan gaya sentripetal pada gerak melingkar         
 

I.       Tujuan Pembelajaran    :          
1.      Siswa dapat menerapkan gaya sentripetal dan hubungannya dengan hukum Newton
2.      Siswa dapat menerapkan hukum newton pada gerak vertikal
3.      Siswa dapat Menerapkan Hukum newton pada gerak melingkar beraturan

II.     Materi Pokok                :    Penerapan Hukum Newton
-          Gaya Sentripetal
-          Aplikasi Gaya sentripetal pada gerak melingkar beraturan
                                 - Sistem benda – tali putaran vertikal
                                                                                                              
                                         
III.    Metode Pembelajaran   :       
         1.   Model pembelajaran :  -    Pembelajaran berbasis masalah
         2.   Metode                     :  -    Diskusi informasi, Ceramah
IV.        Langkah-langkah Pembelajaran :
No
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1
Kegiatan Awal 
   - Pretes             : Menanyakan  bunyi hukum II nerwton
   - Prasyarat       : Hukum I,II dan III Newton
   - Motivasi         : Sejauh manakah penerapan hukum newton dalah kahidupan sehari-hari ?
15’



2
Kegiatan inti
  1. Guru menyampaikan Tujuan Pembelajaran
  2. Guru menjelaskan dan memberikan demonstrasi tentang materi gaya sentripetal berdasarkan hukum II Newton
  3. Guru mendemonstrasikan tentang sistem benda – tali putaran horisontal, kelereng dalam tabung vertikal, ayunan kerucut, tikungan miring, sistem benda tali putaran vertikal dan dalam tabung horisontal  serta berat efektif yang merupakan aplikasi gaya sentripetal pada gerak melingkar
  4. Melakukan analisis dan menjelaskan berbagai contoh – contoh kongkrit dalam kehidupan sehari – hari ataupun contoh soal yang dihasilkan
  5. Tindak lanjut pengembangan materi
  105’
3
Kegiatan Akhir
-   Penguatan dengan bertanya secara lisan tentang apa yang telah dipelajari
-    Memberikan masukan kepada siswa untuk mengulangi semua materi yang telah dipelajari
-   Menginformasikan ujian semester
15’



V.        Sumber/Alat dan bahan Belajar
-   Sumber Belajar        : Kanginan,M Fisika X, Erlangga  hal. 3-43; Supriyanto, Fisika X  Phibeta, Istiyono, Fisika X Intan Pariwara
-    bahan                                    : Bahan Presentase.

VI.       Penilaian       
            Tehnik Penilaian         : Penugasan, Tes Tertulis
            Bentuk Instrumen      :  Pilihan ganda/Uraian  (terlampir)

Kognitif                                                         

1. Seorang anak berada dalam lift yang bergerak ke bawah dengan percepatan 4 ms-2.  Jika  massa anak 40 kg dan percepatan gravitasinya 10 ms-2, maka gaya normal (N) yang bekerja pada anak tersebut adalah ….
    A. 40 N                    B.160 N                       C.240 N                       D.400 N                       E.560 N

2. Sebuah benda A massanya 10 gram dipasang pada alat sentripetal dengan beban      B= 2 N.   Benda   A.diputar dengan jari-jari 50 cm, jika benda A dalam keadaan setimbang, maka ….

(1).   Kecepatan liniernya 10 m/s
(2).   Percepatan sentripetalnya 200 m/s2
(3).   Gaya sentripetanya 2 N
(4).   Kecepatan sudutnya 20 rad/s

Pernyataan yang benar adalah ….
a.         1, 2 dan 3
b          1 dan 3
c.         2 dan 4
d.         4 saja
e.         1, 2, 3 dan 4
 


                                                                                   A

 








3.   Sebuah mobil  bermassa 2 ton hendak membelok di sebuah tikungan yang berbentuk seperempat lingkaran dengan jari-jari 2 m jika koefisien gesek jalan dan ban mobil 0,2 dan g = 10 m/s2. Maka kecepatan maksimum mobil tersebut agar tidak slip adalah …. (UAN  1990                                           a.         8 m/s                  b. 6 m/s                      c.5 m/s                         d.4 m/s                   e.2 m/s


 Kendari,      Juli  2008
Guru Pamong/ Guru Mata Pelajaran                                       Guru KKP



La Ode Askar, S. Pd.                                                            Suherman, S.Pd
NIP. 131 880 882                                                                  

Mengetahui
Kepala Sekolah SMA Negeri 9 Kendari


Drs. H. La Ode Asyikin Azimu
NIP. 130 679 946

Tidak ada komentar:

Posting Komentar