RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA Negeri 9 Kendari
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/semester : X /1
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Menerapkan konsep besaran fisika dan pengukurannya
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengukur besaran fisika (massa, panjang, dan waktu)
Indikator : 1. Mengidentifikasi besaran pokok dan besaran turunan
2. Menentukan dimensi suatu besaran Fisis
I. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat mengidentifikasi besaran pokok dan besaran turunan
2. Siswa dapat menentukan dimensi suatu besaran fisis
3. Siswa dapat menjelaskan manfaat penggunaan dimensi
4. Siswa dapat mengkalibrasi suatu besaran satuan ke satuan lainnya
II. Materi Pokok : Besaran Dan Satuan
- Besaran Pokok
- Besaran Turunan
- Dimensi Besaran
III. Metode Pembelajaran :
1. Model pembelajaran : - Direct Intruction (Pembelajaran langsung)
2. Metode : - Ceramah
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
No | Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
1 | Kegiatan Awal - Pretes : Menanyakan besaran dasar yang telah dipelajari di SLTP - Prasyarat : Kalibrasi satuan - Motivasi : Mengapa diperlukan suatu besaran ? | 15’ |
2 | Kegiatan inti
| 105’ |
3 | Kegiatan Akhir - Penguatan dengan bertanya secara lisan tentang apa yang telah dipelajari - Memberikan tugas - Menginformasikan materi selanjutnya | 15’ |
V. Sumber/Alat dan bahan Belajar
- Sumber Belajar : Kanginan,M Fisika X, Erlangga hal. 3-43; Supriyanto, Fisika X Phibeta, Istiyono, Fisika X Intan Pariwara
- Alat dan bahan : Bahan Presentase.
VI. Penilaian
Tehnik Penilaian : Penugasan, Tes Tertulis
Bentuk Instrumen : Pilihan ganda/Uraian (terlampir)
Kognitif
1. Lengkapi tabel berikut sehingga benar !
No. | Besaran | Satuan | Dimensi | Alat ukur | ||
MKS | CGS | SI | ||||
1. | Panjang | .......... | .......... | .......... | .......... | .......... |
2. | .......... | .......... | gram | .......... | .......... | .......... |
3. | Waktu | .......... | .......... | .......... | .......... | .......... |
4. | Suhu | .......... | .......... | .......... | .......... | .......... |
5. | .......... | .......... | .......... | Ampere | .......... | .......... |
6. | .......... | .......... | .......... | .......... | [ N ] | .......... |
7. | Intensitas cahaya | .......... | .......... | .......... | .......... | .......... |
2. Kelompok besaran berikut ini yang termasuk besaran pokok adalah ….
a. gaya, kecepatan, dan panjang
b. massa, waktu, dan percepatan
c. berat, energi ,dan massa
d. tekanan, gaya, dan berat
e. massa, panjang, dan waktu
3. Kelompok besaran berikut ini yang termasuk besaran turunan adalah
a. gaya, kecepatan, dan panjang
b. massa, waktu, dan percepatan
c. berat, energi ,dan massa
d. tekanan, gaya, dan berat
e. massa, panjang, dan waktu
4. Jika [M] dimensi massa, [L] dimensi panjang dan [T] dimensi waktu, maka dimensi daya adalah….
A. [M][L]-1[T]-2 B. [M][L]2[T]-3 C. [M][L][T]-2 D. [M][L]-1[T]2 E. [M][L]2[T]-2
Kendari, Juli 2008
Guru Pamong/ Guru Mata Pelajaran Guru KKP
La Ode Askar, S. Pd Suherman, S.Pd
NIP. 131 880 882 Stb. A1C3 04 050
Mengetahui
Kepala Sekolah SMA Negeri 9 Kendari
Drs. H. La Ode Asyikin Azimu
NIP. 130 679 946
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA Negeri 9 Kendari
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/semester : X /1
Pertemuan ke : 2
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Menerapkan konsep besaran fisika dan pengukurannya
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengukur besaran fisika (massa, panjang, dan waktu)
Indikator : 1. Mengidentifikasi besaran pokok dan besaran turunan
2. Menentukan dimensi suatu besaran Fisis
I. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat menjelaskan penggunaan alat ukur jangka sorong dan Mikrometer sekrup
2. Siswa dapat menggunakan alat ukur massa
3. Siswa dapat menggunakan alat ukur stop watch
4. Siswa dapat menentukan ketelitian alat ukur massa,panjang dan waktu
5. Siswa dapat menentukan jumlah angka penting dari hasil pengukuran
6. Siswa dapat mengola data hasil pengukuran dengan memperhatikan aturan angka penting dan ketidakpastiannya
II. Materi Pokok : Besaran Dan Satuan
- Angka Penting
- Pengukuran
- Ketidakpastian pengukuran
III. Metode Pembelajaran :
1. Model pembelajaran : - Direct Intruction (Pembelajaran langsung)
2. Metode : - Ceramah
V. Langkah-langkah Pembelajaran :
No | Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
1 | Kegiatan Awal - Pretes : Menanyakan alat ukur yang telah dipelajari di SLTP - Prasyarat : Besaran pokok dan turunan - Motivasi : Bagaimanakah mengukur dan melaporkan hasil pengukuran ? | 15’ |
2 | Kegiatan inti
| 105’ |
3 | Kegiatan Akhir - Penguatan dengan bertanya secara lisan tentang apa yang telah dipelajari - Memberikan tugas - Menginformasikan materi selanjutnya | 15’ |
V. Sumber/Alat dan bahan Belajar
- Sumber Belajar : Kanginan,M Fisika X, Erlangga hal. 3-43; Supriyanto, Fisika X Phibeta, Istiyono, Fisika X Intan Pariwara
- Alat dan bahan : Bahan Presentase.
VI. Penilaian
Tehnik Penilaian : Penugasan, Tes Tertulis
Bentuk Instrumen : Pilihan ganda/Uraian (terlampir)
Kognitif
1. Perhatikan tabel di bawah ini !
No. | Besaran | Satuan | Alat ukur |
1. | Diameter | Meter | Jangka sorong |
2. | Massa | Kg | Neraca pegas |
3. | Waktu | Jam | Stop watch |
4. | Suhu | Kelvin | Termometer |
Besaran pokok menurut SI dengan alat ukur yang benar adalah .....
a. 1,2 dan 3 d. 1 dan 4
b. 1 dan 3 e. 1,2,3 dan 4
c. 2 dan 4
|
10 11 12 13 cm
3. Seorang siswa melakukan pengukuran diameter kelereng dengan jangka sorong berskala nonius 10 seperti ditunjukkan pada gambar. Diameter kelereng tersebut adalah ....
a. 1,40 cm
b. 2,12 cm
c. 2,13 cm
d. 2,16 cm
e. 2,23 cm
4. Seorang siswa melakukan pengukuran dengan mikrometer sekrup seperti ditunjukkan pada gambar. Hasil pengukuran berdasarkan gambar tersebut adalah ....
5. Pengukuran hambatan listrik didapatkan data hasil pengukuran sebagai berikut :
No. | Pembacaan amperemeter (A) | Pembacaan Voltmeter(A) |
1 | 0,3 | 1,2 |
2 | 0,5 | 1,9 |
3 | 0,7 | 2,6 |
Berdasarkan data hasil percobaan di atas buatlah grafik hubungan Kuat arus(I) terhadap tegangan (V) & simpulkan berdasarkan hasil dari grafik tersebut !
6. Hasil pengukuran panjang dan lebar suatu lantai adalah 12,61 m dan 5,2 m. Menurut aturan angka penting luas lantai tersebut adalah …..
A.65 m2 B.65,5 m2 C.65,572 m2 D.65,6 m2 E.66 m2
7. Selesaikan dengan menggunakan prinsip angka penting operasi di bawah ini !
a. 24,686 m + 2,343 m + 3,21 m c. 2,5 m x 3,14 m
b. 6,35 x103 m – 5665 m d. (3 cm x 5,2 cm) : 2,10 cm
Kendari, Juli 2008
Guru Pamong/ Guru Mata Pelajaran Guru KKP
La Ode Askar, S. Pd Suherman, S.Pd
NIP. 131 880 882 Stb. A1C3 04 050
Mengetahui
Kepala Sekolah SMA Negeri 9 Kendari
Drs. H. La Ode Asyikin Azimu
NIP. 130 679 946
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA Negeri 9 Kendari
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/semester : X /1
Pertemuan ke : 3
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Menerapkan konsep besaran fisika dan pengukurannya
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengukur besaran fisika (massa, panjang, dan waktu)
Indikator : 1. Menggunakan dan membaca hasil pengukuran alat ukur panjang, massa, dan waktu
2. Menganalisis jumlah angka penting dalam suatu pengukuran
3. Menganalisis data hasil pengukuran dengan memperhatiakan aturan angka penting dan ketidakpastiannya
I. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat menggunakan alat ukur jangka sorong dan Mikrometer sekrup
2. Siswa dapat menggunakan alat ukur massa
3. Siswa dapat menggunakan alat ukur stop watch
4. Siswa dapat menentukan ketelitian alat ukur massa,panjang dan waktu
5. Siswa dapat menentukan jumlah angka penting dari hasil pengukuran
6. Siswa dapat mengola data hasil pengukuran dengan memperhatikan aturan angka penting dan ketidakpastiannya
7. Siswa dapat menjelaskan tentang notasi dan besar vektor
II. Materi Pokok : Praktek Pengukuran & Notasi dan besar Vektor
III. Metode Pembelajaran :
1. Model pembelajaran : - Problem basic Introduction ( berbasis masalah)
2. Metode : - Eksperimen, Diskusi informasi
VI. Langkah-langkah Pembelajaran :
No | Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
1 | Kegiatan Awal - Pretes : Menanyakan materi yang dipelajari pekan lalu - Prasyarat : Besaran pokok dan turunan - Motivasi : Bagaimanakah mengukur dan melaporkan hasil pengukuran ? | 10’ |
2 | Kegiatan inti 1. Guru membentuk kelompok yang terdiri atas 4-5 siswa 2. Guru membagi LKS 3. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, mengulangi sedikit tentang penggunaan alat dan memotivasi siswa terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah percobaan 4. Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut 5. Guru mendorong siswa untuk melakukan kegiatan mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah. 6. Guru membantu siswa dalam merencanakan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya 7. Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka gunakan 8. Tindak lanjut 9. Memberikan penjelasan kepada siswa tentang besaran yang diukur termasuk besaran vektor atau skalar 10. Menjelaskan notasi dan besar vektor | 110’ |
3 | Kegiatan Akhir - Penguatan dengan bertanya secara lisan tentang apa yang telah dipelajari - Memberikan tugas - Menginformasikan materi selanjutnya | 15’ |
V. Sumber/Alat dan bahan Belajar
- Sumber Belajar : Kanginan,M Fisika X, Erlangga hal. 3-43; Supriyanto, Fisika X Phibeta, Istiyono, Fisika X Intan Pariwara
- Alat dan bahan : Bahan Presentase, LKS.
VI. Penilaian
Tehnik Penilaian : Penugasan, Tes Tertulis
Bentuk Instrumen : Skala sikap
Afektif
Nama Siswa : ............
No. | Sikap dan perilaku | Sangat baik (4) | baik (3) | Cukup baik (2) | Kurang (1) |
1 | Antusias mengikuti kegiatan dan diskusi kelompok | | | | |
2 | Aktif pada kegiatan percobaan | | | | |
3 | Memiliki data hasil pengukuran | | | | |
4 | Kerapian laporan lengkap | | | | |
5 | Kerjasama kelompok | | | | |
Psikomotorik
NO | Nama Siswa | Aspek yang Dinilai | Jumlah Skor | |||||||||||||||
Cara memasang benda pada alat ukur | Cara mengunci alat ukur | Cara membaca penunjukkan alat ukur | Mencatat hasil pengukuran | |||||||||||||||
4 | 3 | 2 | 1 | 4 | 3 | 2 | 1 | 4 | 3 | 2 | 1 | 4 | 3 | 2 | 1 | |||
1 | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
2 | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
3 | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
4 | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
5 | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Kendari, Juli 2008
Guru Pamong/ Guru Mata Pelajaran Guru KKP
La Ode Askar, S. Pd. Suherman, S.Pd
NIP. 131 880 882 Stb. A1C3 04 050
Mengetahui
Kepala Sekolah SMA Negeri 9 Kendari
Drs. H. La Ode Asyikin Azimu
NIP. 130 679 946
Lampiran
Lembar Kerja Siswa
Aktifitas I
Pengukuran Panjang
A. Tujuan
Setelah melakukan aktifitas ini diharapkan siswa dapat :
- Memilih dan membedakan alat ukur suatu besaran yang tepat
- Melakukan pengukuran panjang dan mampu membaca hasil pengukuran.
B. Alat dan Bahan
1. Jangka Sorong
2. Mikrometer Sekrup
3. Mistar (Roll meter)
4. Koin
- Kertas Folio
C. Cara Kerja
1. Ukurlah Koin yang tersedia di depan anda satu per satu dengan menggunakan jangka sorong micrometer sekrup
2. Baca hasil pengukuran berdasarkan skala yang terbaca pada jangka sorong atau micrometer sekrup tersebut
3. Tuliskan hasil pengukuran anda pada kolom berikut
Untuk Pengukuran dengan menggunakan Jangka Sorong
No. | Jenis Koin | Skala Utama (cm) | Skala Nonius (mm) | Nilai akhir (cm) |
1 | | | | |
2 | | | | |
Untuk Pengukuran dengan menggunakan Mikrometer Sekrup
No. | Jenis Koin | Skala Utama (mm) | Skala Nonius (mm) | Nilai akhir (mm) |
1 | | | | |
2 | | | | |
- Laporkan hasil pengukuran anda
Lembar Kerja Siswa
Aktifitas II
Pengukuran Waktu
A. Tujuan
Setelah melakukan aktifitas ini diharapkan siswa dapat :
Melakukan pengukuran waktu dan mampu membaca hasil pengukuran.
B. Alat dan Bahan
- Stopwatch
- Bandul Sederhana
C. Cara Kerja
- Susunlah bandul yang ada dihadapan anda dengan tali yang panjangnya 100 cm
- Hitunglah waktu yang dibutuhkan oleh bandul untuk berayun sebanyak 10x ayunan
- Hitunglah waktunya untuk dua kali perlakuan
- Lakukan langkah 2 dan 3 untuk variasi tali 50 cm
- Masukkan data hasil pengukuran anda pada kolom berikut :
No. | Panjang Tali (cm) | Waktu (Sekon) | Waktu rata – rata (Sekon) | Periode (Hertz) |
1 | 100 | 1. | | |
2. | | | ||
2 | 50 | 1. | | |
2. | | |
- Laporkan hasil pengukuran anda
Lembar Kerja Siswa
Aktifitas III
Pengukuran Massa
A. Tujuan
Setelah melakukan aktifitas ini diharapkan siswa dapat :
Melakukan pengukuran massa dan mampu membaca hasil pengukuran.
B. Alat dan Bahan
- Neraca III Lengan
- 2 buah Benda
C. Cara Kerja
1. Pastikan posisi Neraca III lengan pada posisi nol (seimbang)
2. Letakkan beban I pada meja beban, kemudian Ukurlah masanya Selanjutnya Ukurlah massa untuk benda II
3. Masukkan data yang anda peroleh pada tabel di bawah ini
No | Jenis Benda | Nilai ukur | Nilai Akhir (gr) | ||
Lengan I (gr) | Lengan II (gr) | Lengan III (gr) | |||
1 | Benda I | | | | |
2 | Benda II | | | | |
4. Laporkan hasil pengukuran anda
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA Negeri 9 Kendari
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/semester : X /1
Pertemuan ke : 4
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Menerapkan konsep besaran fisika dan pengukurannya
Kompetensi Dasar : 1.2 Melakukan Penjumlahan vektor
Indikator : 1. Mengidentifikasi perbedaan besaran vektor dan skalar
2. Melukis penjumlahan vektor secara grafis (segitiga,poligon dan jajaran genjang)
3. Menentukan besar dan arah vektor resultan
I. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat mengidentifikasi perbedaan besaran vektor dan besaran skalar
2. Siswa dapat menggambar vector secara segitiga
3. Siswa dapat menggambar vector secara poligon
4. Siswa dapat menggambar vector secara jajaran genjang
5. Siswa dapat menentukan besar dan arah vektor resultan
II. Materi Pokok : Vektor
- Penguraian Vektor
- Penjumlahan vektor
- Mengalikan vektor
III. Metode Pembelajaran :
1. Model pembelajaran : - Direct Instruction (Pembelajaran langsung)
2. Metode : - Diskusi informasi
VII. Langkah-langkah Pembelajaran :
No | Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
1 | Kegiatan Awal - Pretes : Menanyakan materi sebelumnya - Prasyarat : Pengertian vektor dan notasinya? - Motivasi : Apakah penjumlahan vektor sama dengan penjumlahan secara aljabar ? | 15’ |
2 | Kegiatan inti
| 105’ |
3 | Kegiatan Akhir - Penguatan dengan bertanya secara lisan tentang apa yang telah dipelajari - Memberikan tugas dan Menginformasikan materi selanjutnya | 15’ |
V. Sumber/Alat dan bahan Belajar
- Sumber Belajar : Kanginan,M Fisika X, Erlangga hal. 3-43; Supriyanto, Fisika X Phibeta, Istiyono, Fisika X Intan Pariwara
- Alat dan bahan : Bahan Presentase
VI. Penilaian
Tehnik Penilaian : Penugasan, Tes Tertulis
Bentuk Instrumen : Pilihan ganda/Uraian (terlampir)
Kognitif
1. Kelompok besaran berikut yang termasuk besaran vektor adalah….
A.panjang , massa , waktu
B.kecepatan , percepatan ,energi
C.perpindahan , kecepatan , percepatan
D.usaha , tekanan , impuls
E. jarak, posisi, kelajuan
2. Perhatikan diagram vektor di bawah ini :
(1) (2) (3) (4) (5)
Yang menyatakan adanya hubungan R = V1 – V2 adalah diagram vektor nomor …..
A.(1) B.(2) C.(3) D.(4) E.(5)
3. Dua buah vektor F1= 3 N dan F2 = 4 N saling membentuk sudut = 120o,resultan kedua vektor tersebut adalah …
A. 5 N B.7 N C.9 N D. N E. N
4. Tentukan resultan dua vektor segaris pada gambar di bawah ini !
-10 0 10 20 cm
Kendari, Juli 2008
Guru Pamong/ Guru Mata Pelajaran Guru KKP
La Ode Askar, S. Pd. Suherman, S.Pd
NIP. 131 880 882 Stb. A1C3 04 050
Mengetahui
Kepala Sekolah SMA Negeri 9 Kendari
Drs. H. La Ode Asyikin Azimu
NIP. 130 679 946
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA Negeri 9 Kendari
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/semester : X /1
Pertemuan ke : 5
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik
Kompetensi Dasar : 2.1 Menganalisis besaran fisika pada gerak dengan kecepatan dan percepatan kontan
Indikator : 1. Menganalisis kedudukan, jarak dan perpindahan
2. Menganalisis kelajuan dan kecepatan
3. Menganalisis gerak lurus dengan kecepatan konstan
4. Menganalisis grafik gerak lurus dengan kecepatan konstan
I. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat menidentifikasi pengertian gerak yaitugerak lurus
2. Siswa dapat mengidentifikasi perbedaan kedudukan,jarak dan perpindahan
II. Materi Pokok : Gerak Lurus Beraturan
- Kedudukan,jarak dan perpindahan
III. Metode Pembelajaran :
1. Model pembelajaran : Direct Intruction ( pembelajaran langsung)
2. Metode : Diskusi informasi
VIII. Langkah-langkah Pembelajaran :
No | Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
1 | Kegiatan Awal - Pretes : Menanyakan materi yang telah dipelajari - Prasyarat : - - Motivasi : Memberikan ulangan harian tentang materi yang telah diberikan Apakah ciri-ciri gerak lurus beraturan ? | 10’ |
2 | Kegiatan inti
| 90’ 30’ |
3 | Kegiatan Akhir - Penguatan dengan bertanya secara lisan tentang apa yang telah dipelajari - Memberikan tugas - Menginformasikan materi selanjutnya | 15’ |
V. Sumber/Alat dan bahan Belajar
- Sumber Belajar : Kanginan,M Fisika X, Erlangga hal. 3-43; Supriyanto, Fisika X Phibeta, Istiyono, Fisika X Intan Pariwara
- Alat dan bahan : Bahan Presentase
VI. Penilaian
Tehnik Penilaian : Penugasan, Tes Tertulis
Bentuk Instrumen : Pilihan ganda/Uraian (terlampir)
Kognitif
1. Jika posisi awal sebuah partikel pada x = 10 m dan sesaat kemudian posisinya menjadi x = -17 m, berapakah perpindahan dan jarak partikel tersebut ?
2. Perhatikan pernyataan berikut :
(1). Bergerak dengan kecepatan konstan
(2). Lintasannya adalah garis lurus
(3). Tanpa memiliki percepatan
(4). Kecepatannya berbanding lurus dengan jarak yang ditempuh
Pernyataan yang termasuk karakteristik Gerak Lurus Beraturan adalah …..
A.1,2 dan 3 B.1 dan 3 C.2 dan 4 D.4 saja E.1,2,3 dan 4
Kendari, Juli 2008
Guru Pamong/ Guru Mata Pelajaran Guru KKP
La Ode Askar, S. Pd. Suherman, S.Pd
NIP. 131 880 882 Stb. A1C3 04 050
Mengetahui
Kepala Sekolah SMA Negeri 9 Kendari
Drs. H. La Ode Asyikin Azimu
NIP. 130 679 946
Lampiran Ulangan Harian I
Sekolah : SMA Negeri 9 Kendari
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas : X
Waktu : 90 Menit (2 Jam Pelajaran)
Petunjuk Soal : Kerjakanlah menurut apa yang dianggap paling mudah dan berdasarkan instruksi yang diberikan soal. Serta jangan ada yang kerja sama
1. Jelaskan perbedaan antara besaran pokok dan besaran turunan
2. Tuliskan masing – masing 3 contoh yang termasuk besaran pokok dan besaran turunan!
3. Tuliskan dimensi dari kecepatan dan percepatan
4. Seorang siswa melakukan pengukuran diameter kelereng dengan jangka sorong berskala nonius 10 seperti ditunjukkan pada gambar. Berapakah Diameter kelereng tersebut?
Ket : Skala Utama (cm)
Skala Nonius (mm)
5. Seorang siswa melakukan pengukuran dengan mikrometer sekrup seperti ditunjukkan pada gambar. Berapakah Hasil pengukuran berdasarkan gambar tersebut?
6. (a) Tentukan jumlah angka penting dari angka – angka berikut ini :
1. 32,52 3. 0,00078
2. 8,0006 4. 8,900 x 103
(b) Selesaikan dengan menggunakan prinsip angka penting operasi di bawah ini !
1. 24,686 m + 2,343 m + 3,21 m 2. 2,5 m x 3,14 m
7. Jumlahkan vektor disamping dengan menggunakan metode :
a. Segitiga B
A
b. Jajar Genjang A
B
8. Pada gambar Fx = komponen gaya F pada sumbu x . Jika Fx = 3 N, tentukan komponen gaya pada sumbu y !
y
Fy F
Fy x
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA Negeri 9 Kendari
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/semester : X /1
Pertemuan ke : 6
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik
Kompetensi Dasar : 2.1 Menganalisis besaran fisika pada gerak dengan kecepatan dan percepatan kontan
Indikator : 1. Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak dengan percepatan konstan
I. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat mengidentifikasi kecepatan dan kelajuan pada gerak lurus
2. Siswa dapat mengidentifikasi karakteristik gerak lurus beraturan
3. Siswa dapat menentukan perpindahan serta jarak dari sebuah benda pada gerak lurus beraturan
4. Siswa dapat mengidentifikasi karateristik gerak lurus berubah beraturan
5. Siswa dapat menentukan kedudukan benda pada tertentu
6. Siswa dapat menentukan Perpindahan dan jarak suatu benda pada Gerak Lurus berubah beraturan
II. Materi Pokok : Gerak Lurus Beraturan
Pengertian GLB
Perpindahan dan Jarak
Gerak Lurus Berubah Beraturan
- Pengertian GLBB
- Perpindahan dan jarak pada GLBB
III. Metode Pembelajaran :
1. Model pembelajaran : Direct Intruction ( pembelajaran langsung)
2. Metode : Diskusi informasi
IX. Langkah-langkah Pembelajaran :
No | Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
1 | Kegiatan Awal - Pretes : Menanyakan pengertian dan besaran yang terdapat dalam gerak lurus - Prasyarat : Gerak lurus beraturan - Motivasi : Apakah ciri-ciri gerak lurus beraturan ? | 15’ |
2 | Kegiatan inti
| 105’ |
3 | Kegiatan Akhir - Penguatan dengan bertanya secara lisan tentang apa yang telah dipelajari - Memberikan tugas - Menginformasikan materi selanjutnya | 15’ |
V. Sumber/Alat dan bahan Belajar
- Sumber Belajar : Kanginan,M Fisika X, Erlangga hal. 3-43; Supriyanto, Fisika X Phibeta, Istiyono, Fisika X Intan Pariwara
- Alat dan bahan : Bahan Presentase, LKS.
VI. Penilaian
Tehnik Penilaian : Penugasan, Tes Tertulis
Bentuk Instrumen : Pilihan ganda/Uraian (terlampir)
Kognitif
1. Perhatikan pernyataan berikut :
(1). Bergerak dengan percepatan konstan
(2). Lintasannya berupa parabola
(3). Kecepatan benda berubah secara teratur
(4). Kecepatannya berbanding lurus waktu
Pernyataan yang termasuk karakteristik Gerak Lurus Berubah Beraturan adalah …..
A.1,2 dan 3 B.1 dan 3 C.2 dan 4 D.4 saja E.1,2,3 dan 4
|
2.
Pernyataan dia atas yang benar adalah..
A.1,2 dan 3 B.1 dan 3 C.2 dan 4 D.4 saja E.1,2,3 dan 4
Kendari, Juli 2008
Guru Pamong/ Guru Mata Pelajaran Guru KKP
La Ode Askar, S. Pd. Suherman, S.Pd
NIP. 131 880 882 Stb. A1C3 04 050
Mengetahui
Kepala Sekolah SMA Negeri 9 Kendari
Drs. H. La Ode Asyikin Azimu
NIP. 130 679 946
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA Negeri 9 Kendari
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/semester : X /1
Pertemuan ke : 7
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik
Kompetensi Dasar : 2.1 Menganalisis besaran fisika pada gerak dengan kecepatan dan percepatan kontan
Indikator : 1. Menganalisis peristiwa gerak jatuh bebas dan gerak vertikal keatas
I. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat mengidentifikasi kecepatan pada GLBB
2. Siswa dapat mengidentifikasi karakteristik Gerak vertikal ke atas
3. Siswa dapat mengidentifikasi karakteristik Gerak vertikal ke bawah
4. Siswa dapat mengidentifikasi karakteristik Gerak vertikal naik-turun
II. Materi Pokok : Gerak Lurus Berubah Beraturan
- Kecepatan pada GLBB
- Gerak Vertikal ke atas
- Gerak vertikal ke Bawah
- Gerak jatuh bebas
- Gerak vertikal naik-turun
III. Metode Pembelajaran :
1. Model pembelajaran : Direct Instruction ( pembelajaran langsung)
2. Metode : Diskusi informasi
X. Langkah-langkah Pembelajaran :
No | Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
1 | Kegiatan Awal - Pretes : Menanyakan persamaan pada GLBB - Prasyarat : GLBB - Motivasi : Apakah perbedaan benda jatuh bebas dan benda dilempar vertikal ke atas ? | 15’ |
2 | Kegiatan inti
g. Menjelaskan contoh – contoh gerak vertikal ke bawah dalam kehidupan sehari-hari beserta contoh soalnya h. Mendemonstrasikan karakteristik Gerak vertikal naik-turun i. Menjelaskan contoh – contoh gerak vertikal naik-turun dalam kehidupan sehari-hari beserta contoh soalnya
| 105’ |
3 | Kegiatan Akhir - Penguatan dengan bertanya secara lisan tentang apa yang telah dipelajari - Memberikan tugas - Menginformasikan materi selanjutnya | 15’ |
V. Sumber/Alat dan bahan Belajar
- Sumber Belajar : Kanginan,M Fisika X, Erlangga hal. 3-43; Supriyanto, Fisika X Phibeta, Istiyono, Fisika X Intan Pariwara.
- Alat dan bahan : Bahan Presentase.
VI. Penilaian
Tehnik Penilaian : Penugasan, Tes Tertulis
Bentuk Instrumen : Pilihan ganda/Uraian (terlampir),Skala sikap
Afektif
Nama Siswa : ............
No. | Sikap dan perilaku | Selalu (4) | Sering (3) | Kadang-kadang (2) | Tidak pernah (1) |
1 | Antusias mengikuti kegiatan belajar | | | | |
2 | Mengikuti secara seksama penjelasan guru/teman | | | | |
3 | Aktif bertanya pada guru | | | | |
4 | Aktif mengerjakan latihan soal yang diberikan | | | | |
5 | Aktif mengerjakan latihan soal yang diberikan | | | | |
6 | Senang terahadap materi yang disajikan | | | | |
Kognitif
1. Sebuah benda jatuh bebas dari ketinggian tertentu, jika gesekan dengan udara diabaikan, maka ....
(1). Kecepatan awal benda nol
(2). Percepatan benda tetap
(3). Benda bergerak lurus berubah beraturan
(4). Besar kecepatan tergantung pada ketinggian
pernyataan yang benar berkiatan dengan gerak benda jatuh bebas adalah ....
A. 1,2 dan 3 B. 1 dan 3 C. 2 dan 4 D. 4 saja E.1,2,3 dan 4
2. Benda jatuh bebas adalah benda yang memiliki :
1. kecepatan awal nol
2. percepatan = percepatan gravitasi
3. arah percepatan ke pusat bumi
4. besar percepatan tergantung pada massa benda
Pernyataan di atas yang benar adalah ....
B. 1,2 dan 3 B. 1 dan 3 C. 2 dan 4 D. 4 saja E.1,2,3 dan 4
3. Sebuah benda jatuh bebas dari ketinggian 25 m dari tanah. Jika percepatan gravitasi bumi 10 m/s2, maka kecepatan benda tersebut mencapai ketinggian 5 m dari tanah adalah ...
a. 50 ms-1 b. 40 ms-1 c. 20 ms-1 d. 15 ms-1 e. 10 ms-1
4. Sebuah benda dijatuhkan dari ujung sebuah menara, tanpa kecepatan awal, setelah 2 detik benda mencapai tanah. Jika g=10 m/s2 . Tentukan tinggi menara tersebut
5. Sebuah batu dilempar vertikal ke atas dengan kecepatan 10 m/s, maka ketinggian maksimum yang dicapai batu adalah ….
50 cm
6.
A B C
20 cm
|
7. Olahragawan berlari pada lintasan PQ à QR lihat gambar . Dari PQ ditempuh dalam waktu 20 detik sedang Q ke R ditempuh dalam waktu 20 detik . Maka kecepatan rata-rata pelari tersebut adalah ….
A. 1 m/s D.6 m/s
B. 2 m/s E.12 m/s
C. 4 m/s
Kendari, Juli 2008
Guru Pamong/ Guru Mata Pelajaran Guru KKP
La Ode Askar, S. Pd. Suherman, S.Pd
NIP. 131 880 882 Stb. A1C3 04 050
Mengetahui
Kepala Sekolah SMA Negeri 9 Kendari
Drs. H. La Ode Asyikin Azimu
NIP. 130 679 946
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA Negeri 9 Kendari
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/semester : X /1
Pertemuan ke : 8
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik
Kompetensi Dasar : 2.2 Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan kecepatan
Indikator : 1. Mengidentifikasi karakteristik gerak melingkar dengan kecepatan konstan
2. Mengidentifikasi besaran frekuensi, frekuensi sudut, periode, dan sudut tempuh yang terdapat pada gerak melingkar dengan laju konstan
3. Mengidentifikasi besaran kecepatan linier, kecepatan sudut, percepatan sentri petal pada gerak melingkar beraturan
I. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat mengidentifikasi gerak melingkar
2. Siswa dapat mengidentifikasi besaran dalam gerak melingkar
3. Siswa dapat menentukan frekuensi, dan periode pada gerak melingkar
4. Siswa dapat menentukan lintasan linear dan lintasan sudut pada gerak melingkar
II. Materi Pokok : Gerak Melingkar
- Pengertian Gerak Melingkar
- Besaran dasar pada Gerak Melingkar
III. Metode Pembelajaran :
1. Model pembelajaran : Direct Instruction ( pembelajaran langsung)
2. Metode : Diskusi informasi
XI. Langkah-langkah Pembelajaran :
No | Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
1 | Kegiatan Awal - Pretes : Menanyakan persamaan pada GJB dan GVA - Prasyarat : GLB - Motivasi : Bagaimanakah ciri dari gerak melingkar beraturan ? | 15’ |
2 | Kegiatan inti
| 105’ |
3 | Kegiatan Akhir - Penguatan dengan bertanya secara lisan tentang apa yang telah dipelajari - Memberikan tugas - Menginformasikan materi selanjutnya | 15’ |
V. Sumber/Alat dan bahan Belajar
- Sumber Belajar : Kanginan,M Fisika X, Erlangga hal. 3-43; Supriyanto, Fisika X Phibeta, Istiyono, Fisika X Intan Pariwara.
- Alat dan bahan : Bahan Presentase, LKS.
VI. Penilaian
Tehnik Penilaian : Penugasan, Tes Tertulis
Bentuk Instrumen : Pilihan ganda/Uraian (terlampir)
Kognitif
1. Sebuah satelit bergerak mengelilingi bumi, dengan laju v yang konstan pada jarak R yang tetap dari pusat bumi.
1. satelit mengalami percepatan v/R ke arah pusat bumi
2. satelit menempuh satu lingkaran dalam waktu pR/T
3. satelit mempunyai kecepatan sudut tetap sebesar v/R
4. satelit memiliki kecepatan linier tetap sebesar 2pR/T
pernyataan yang benar adalah ….
A.1,2 dan 3 B.1 dan 3 C.2 dan 4 D.4 saja E.1,2,3 dan 4
2. sebuah roda berdiameter 3 m berputar pada 120 rpm.
Hitung : a). frekuensi dan periode putaran
b). kecepatan sudut
c) kecepatan linier pada tepi roda
3. Sebuah bor listrik berotasi pada 1800 rpm. Berapakah sudut yang ditempuh saat t = 5 s
Kendari, Juli 2008
Guru Pamong/ Guru Mata Pelajaran Guru KKP
La Ode Askar, S. Pd. Suherman, S.Pd
NIP. 131 880 882 Stb. A1C3 04 050
Mengetahui
Kepala Sekolah SMA Negeri 9 Kendari
Drs. H. La Ode Asyikin Azimu
NIP. 130 679 946
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA Negeri 9 Kendari
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/semester : X /1
Pertemuan ke : 9
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik
Kompetensi Dasar : 2.2 Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan kecepatan
Indikator : 1. Hubugan kecepatan sudut, dan kecepatan linier pada gerak melingkar
I. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat menentukan kecepatan linier dan kecepatan sudut pada gerak melingkar
2. Siswa dapat menentukan percepatan linear dan percapatan sudut pada gerak melingkar
3. Siswa dapat menentukan percepatan sentripetal pada gerak melingkar
4. Siswa dapat mengidentifikasi karakteristik Gerak Melingkar Beraturan (GMB) beserta besaran-besarannya.
II. Materi Pokok : Gerak Melingkar
Kecepatan Linear & Kecepatan Sudut
Percepatan Linear & Percepatan Sudut
Percepatan Sentripetal
Gerak Melingkar Beraturan
III. Metode Pembelajaran :
1. Model pembelajaran : Direct Instruction ( pembelajaran langsung)
2. Metode : Diskusi informasi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
No | Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
1 | Kegiatan Awal - Pretes : Menanyakan persamaan pada GMB - Prasyarat : GMB - Motivasi : Bagaimanakah hubungan kecepatan linier dan kecepatan sudut pada roda yang saling dibungkan ? | 15’ |
2 | Kegiatan inti a. Mempersiapkan siswa b. Menyampaikan tujuan pembelajaran c. Mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan d. Menjelaskan tentang kecepatan linier dan kecepatan sudut pada gerak melingkar e. Mendemonstrasikan percepatan linear dan percapatan sudut pada gerak melingkar f. Mendemonstrasikan percepatan sentripetal pada gerak melingkar g. Menjelaskan karakteristik Gerak Melingkar Beraturan (GMB) beserta besaran-besarannya h. Memberikan contoh dan latihan soal tentang materi yang telah diberikan i. Membimbing pelatihan j. Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik k. Memberikan kesempatan untuk latihan lanjutan dan penerapan | 105’ |
3 | Kegiatan Akhir - Penguatan dengan bertanya secara lisan tentang apa yang telah dipelajari - Memberikan tugas - Menginformasikan materi selanjutnya | 15’ |
V. Sumber/Alat dan bahan Belajar
- Sumber Belajar : Kanginan,M Fisika X, Erlangga hal. 3-43; Supriyanto, Fisika X Phibeta, Istiyono, Fisika X Intan Pariwara
- Alat dan bahan : Bahan Presentase,
VI. Penilaian
Tehnik Penilaian : Penugasan, Tes Tertulis
Bentuk Instrumen : Pilihan ganda/Uraian (terlampir),Skala sikap
Afektif
Nama Siswa : ............
No. | Sikap dan perilaku | Selalu (4) | Sering (3) | Kadang-kadang (2) | Tidak pernah (1) |
1 | Antusias mengikuti kegiatan belajar mengajar & Tanya Jawab | | | | |
2 | Mengikuti secara seksama penjelasan guru/teman | | | | |
3 | Aktif bertanya pada guru | | | | |
4 | Aktif mengerjakan latihan soal yang diberikan | | | | |
5 | Aktif mengerjakan latihan soal yang diberikan | | | | |
6 | Senang terahadap materi yang disajikan | | | | |
Kognitif
1. Perhatikan pernyataan berkut :
(1). Besar kecepatan liniernya tetap
(2). Vektor kecepatan berubah
(3). Percepatan sentripetal selalu menuju pusat lingkaran
(4). Kecepatan sudut tetap
Pernyataan yang benar berkaitan dengan gerak melingkar beraturan adalah ….
a. 1,2 dan 3 b. 1 dan 3 c. 2 dan 4 d. 4 saja e. 1,2,3 dan 4
2. Pernyataan berikut tentang percepatan sentripetal pada gerak melingkar :
(1). Percepatan sentripetal disetiap titik pada lintasannya selalu menuju pusat lingkaran
(2). Percepatan sentripetal mengubah arah kecepatan linier sehingga lintasan berupa lingkaran
(3). Besar percepatan sentripetal pada setiap lintasan tergantung pada kecepatan sudut dan jari-jari
(4). Arah vektor percepatan sentripetal searah dengan vektor kecepatan liniernya
Pernyataan di atas yang benar adalah ….
a. 1 dan 2 b. 2 dan 3 c. 3 dan 4 d. 1,2 dan 3 e. 1,2, 3 dan 4
3.
A R
a. 1,2 dan 3 b. 1 dan 3 c. 2 dan 4 d. 4 saja e.1,2,3 dan 4
4. Sebuah benda yang bergerak melingkar beraturan ,maka:
1. vektor kecepatannya berubah setiap saat
2. laju benda tetap
3. memiliki percepatan tangensial yang
mengubah besar kecepatan benda
4. Mempunyai percepatan radial yang
menuju pusat lintasan
Pernyataan di atas yang benar adalah……
A.1,2 dan 3 B.1 dan 3 C.2 dan 4 D.4 saja E.1,2,3 dan 4
Kendari, Juli 2008
Guru Pamong/ Guru Mata Pelajaran Guru KKP
La Ode Askar, S. Pd. Suherman, S.Pd
NIP. 131 880 882
Mengetahui
Kepala Sekolah SMA Negeri 9 Kendari
Drs. H. La Ode Asyikin Azimu
NIP. 130 679 946
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA Negeri 9 Kendari
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/semester : X /1
Pertemuan ke : 10
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik
Kompetensi Dasar : 2.2 Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan kecepatan
Indikator : 1. Hubugan kecepatan sudut, dan kecepatan linier pada gerak roda berhubungan
I. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat mengidentifikasi karakteristik Gerak Melingkar Berubah Beraturan (GMBB) beserta besaran-besarannya.
2. Siswa dapat mengidentifikasi hubungan kecepatan sudut dan kecepatan linier antara dua roda yang berhubungan
3. Siswa dapat menentukan kecepatan linier pada hubungan dua roda yang seporos
4. Siswa dapat menentukan kecepatan sudut pada hubungan dua roda yang bersinggungan
5. Siswa dapat menentukan kecepatan sudut pada hubungan dua roda yang dihubungkan dengan tali
II. Materi Pokok : Hubungan Roda
Gerak Melingkar Berubah Beraturan
III. Metode Pembelajaran :
1. Model pembelajaran : Direct Instruction ( pembelajaran langsung)
2. Metode : Diskusi informasi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
No | Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
1 | Kegiatan Awal - Pretes : Menanyakan persamaan pada GMB - Prasyarat : GMB - Motivasi : Bagaimanakah hubungan kecepatan linier dan kecepatan sudut pada roda yang saling dibungkan ? | 10’ |
2 | Kegiatan inti a. Mempersiapkan siswa b. Menyampaikan tujuan pembelajaran c. Mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan d. Mendemonstrasikan karakteristik Gerak Melingkar Berubah Beraturan (GMBB) beserta besaran-besarannya. e. Menjelaskan 3 jenis hubungan antara dua roda dalam gerak melingkar f. Mendemonstrasikan hubungan kecepatan sudut dan kecepatan linier antara dua roda yang berhubungan g. Mendemonstrasikan kecepatan linier pada hubungan dua roda yang seporos h. Mendemonstrasikan kecepatan sudut pada hubungan dua roda yang bersinggungan i. Mendemonstrasikan kecepatan sudut pada hubungan dua roda yang dihubungkan dengan tali j. Memberikan contoh dan latihan soal tentang materi yang telah diberikan k. Membimbing pelatihan l. Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik m. Memberikan kesempatan untuk latihan lanjutan dan penerapan | 70’ |
3 | Kegiatan Akhir - Penguatan dengan bertanya secara lisan tentang apa yang telah dipelajari - Memberikan tugas - Menginformasikan materi selanjutnya | 10’ |
V. Sumber/Alat dan bahan Belajar
- Sumber Belajar : Kanginan,M Fisika X, Erlangga hal. 3-43; Supriyanto, Fisika X Phibeta, Istiyono, Fisika X Intan Pariwara
- Alat dan bahan : Bahan Presentase,
VI. Penilaian
Tehnik Penilaian : Penugasan, Tes Tertulis
Bentuk Instrumen : Pilihan ganda/Uraian (terlampir)
Kognitif
|
P
R1
R3
Q R2
a. 1 cm/s b. 2 cm/s c.3 cm/s d.4 cm/s e. 6 cm/s
2. Tiga buah roda dihubungkan seperti pada gambar. A dan B menyatu dan sepusat B dan C dibungkan dengan ban. Jika RA= 4 cm ,RB= 2 cm dan RC = 10 cm, tentukan perbandingan kecepatan sudut Roda B dan Roda C
Kendari, Juli 2008
Guru Pamong/ Guru Mata Pelajaran Guru KKP
La Ode Askar, S. Pd. Suherman, S.Pd
NIP. 131 880 882
Mengetahui
Kepala Sekolah SMA Negeri 9 Kendari
Drs. H. La Ode Asyikin Azimu
NIP. 130 679 946
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA Negeri 9 Kendari
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/semester : X /1
Pertemuan ke : 11
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik
Kompetensi Dasar : 2.3 Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal dan gerak melingkar beraturan
Indikator : 1. Mengidentifikasi penerapan prinsip hukum 1 Newton (hukum inersia) dalam kehidupan sehari-hari
2. Mengidentifikasi penerapan prinsip hukum 2 Newton dalam kehidupan sehari-hari
3. Mengidentifikasi penerapan prinsip hukum 3 Newton dalam kehidupan sehari-hari
I. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat mengidentifikasi penerapan hukum 1 newton dalam kehidupan sehari-hari
2. Siswa dapat mengidentifikasi penerapan hukum 2 newton dalam kehidupan sehari-hari
3. Siswa dapat mengidentifikasi penerapan hukum 3 newton dalam kehidupan sehari-hari
II. Materi Pokok : Hukum Newton tentang gerak
- Hukum 1 Newton
- Hukum 2 Newton
- Hukum 3 Newton
III. Metode Pembelajaran :
1. Model pembelajaran : - Demonstrasi
2. Metode : - Ceramah , Diskusi informasi
XII. Langkah-langkah Pembelajaran :
No | Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
1 | Kegiatan Awal - Pretes : Menanyakan persamaan pada GMB - Prasyarat : GLB,GLBB,GMB - Motivasi : Bagaimanakah hubungan antara massa,gaya dan percepatan benda ? | 15’ |
2 | Kegiatan inti
| 105’ |
3 | Kegiatan Akhir - Penguatan dengan bertanya secara lisan tentang apa yang telah dipelajari - Memberikan tugas - Menginformasikan materi selanjutnya | 15’ |
V. Sumber/Alat dan bahan Belajar
- Sumber Belajar : Kanginan,M Fisika X, Erlangga hal. 3-43; Supriyanto, Fisika X Phibeta, Istiyono, Fisika X Intan Pariwara
- Alat : Alat demonstrasi
- Bahan : Bahan Presentase.
VI. Penilaian
Tehnik Penilaian : Penugasan, Tes Tertulis
Bentuk Instrumen : Pilihan ganda/Uraian (terlampir)
Kognitif
1. Berikan beberapa contoh penerapan hukum I Newton dalam kehidupan sehari-hari !
2. Sebuah benda bermassa m, padanya bekerja gaya F, hingga benda memperoleh percepatan a. Jika massa benda dijadikan 2 m dan gayanya 4 F, maka percepatan benda menjadi .......
A. 8 a B. 4 a C. 2 a D. a E.
3. Berikan beberapa contoh penerapan hukum III Newton dalam kehidupan sehari-hari !
| ||||
4. F
A.2 N B.3 N C.4 N D.6 N E.8 N
|
5.
F
Licin
7. Tentukan pasangan gaya aksi – reaksi pada gambar !
8.Sebuah benda dalam keadaan seimbang (hampir bergerak ) pada bidang datar kasar setelah padanya dikerjakan gaya tarik dengan sudut 30o terhadap bidang datar tersebut. Diagram gaya yang benar adalah ….
N F N F F F N F
fg
fg Fg Fg fg
W W F F
( A ) (B) ( C ) (D) (E)
9 Sebuah benda bermassa m bergerak dengan percepatan a akibat gaya F yang bekerja pada benda tersebut. Satuan gaya dalam SI adalah ….
A. Newton B.kg. m/s2 C.Dyne D.gr cm/s2 E.Joule
|
Sebutir kelereng diletakkan di atas kertas pada permukaan meja, seperti pada gambar di atas. Ketika kertas digerakkan perlahan-lahan ke kanan kelereng ikut bergerak dengan laju sama dengan laju kertas. Bagaimanakah keadaan kelereng tersebut saat dihentikan secara tiba-tiba ?
Kendari, Juli 2008
Guru Pamong/ Guru Mata Pelajaran Guru KKP
La Ode Askar, S. Pd. Suherman, S.Pd
NIP. 131 880 882
Mengetahui
Kepala Sekolah SMA Negeri 9 Kendari
Drs. H. La Ode Asyikin Azimu
NIP. 130 679 946
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA Negeri 9 Kendari
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/semester : X /1
Pertemuan ke : 12
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik
Kompetensi Dasar : 2.3 Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal dan gerak melingkar beraturan
Indikator : 4. Menyelidiki karakteristik gesekan statis dan kinetis melalui percobaan sederhana
5. Menerapkan hukum newton pada gerak benda pada bidang datar/miring dengan dan atau tanpa gesekan
6. Menerapkan hukum Newton dengan gaya sentripetal pada gerak melingkar
I. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi gaya gesekan statis atau kinetis
2. Siswa dapat menerapkan hukum newton pada bidang datar licin atau kasar
3. Siswa dapat Menerapkan Hukum newton pada bidang miring licin atau kasar
4. Siswa dapat menerapkan hukum Newton dengan gaya sentripetal pada gerak melingkar
II. Materi Pokok : - Analisis Kuantitatif dinamika Sederhana Pada Bidang Tanpa Gesekan
- Gaya Gesekan
- Gaya Sentripetal
III. Metode Pembelajaran :
1. Model pembelajaran : - Problem Based Introduction
2. Metode : - Ceramah, Diskusi informasi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
No | Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
1 | Kegiatan Awal - Pretes : Menanyakan bunyi hukum II nerwton - Prasyarat : Hukum I,II dan III Newton - Motivasi : Sejauh manakah pengaruh gesekan pada hukum Newton ? | 15’ |
2 | Kegiatan inti
| 105’ |
3 | Kegiatan Akhir - Penguatan dengan bertanya secara lisan tentang apa yang telah dipelajari - Memberikan tugas - Menginformasikan materi selanjutnya | 15’ |
V. Sumber/Alat dan bahan Belajar
- Sumber Belajar : Kanginan,M Fisika X, Erlangga hal. 3-43; Supriyanto, Fisika X Phibeta, Istiyono, Fisika X Intan Pariwara
- bahan : Bahan Presentase
VI. Penilaian
Tehnik Penilaian : Penugasan, Tes Tertulis,laporan
Bentuk Instrumen : Pilihan ganda/Uraian (terlampir)
Kognitif
1. Sebuah benda m = 2 kg berada pada bidang datar yang kasar.Pada benda bekerja gaya dalam arah horizontal sebesar 20 Newton. Apabila koefisien gesekan kinetis antara benda dan bidang 0,4, dan koefisien gesekan statis 0,5 maka percepatan yang dialami benda adalah ….
A. 3 m/s2 B. 6 m/s2 C. 10 m/s2 D. 12 m/s2 E. 16 m/s2
|
2. F=10 N
45o
fk
|
3.
A. 0,5 m/s2 B. 1,0 m/s2 C. 1,5 m/s2 D. 2,0 m/s2 E. 2,5 m/s2
Kendari, Juli 2008
Guru Pamong/ Guru Mata Pelajaran Guru KKP
La Ode Askar, S. Pd. Suherman, S.Pd
NIP. 131 880 882
Mengetahui
Kepala Sekolah SMA Negeri 9 Kendari
Drs. H. La Ode Asyikin Azimu
NIP. 130 679 946
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA Negeri 9 Kendari
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/semester : X /1
Pertemuan ke : 14
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik
Kompetensi Dasar : 2.3 Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal dan gerak melingkar beraturan
Indikator :
6. Menerapkan hukum Newton dengan gaya sentripetal pada gerak melingkar
I. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat menerapkan gaya sentripetal dan hubungannya dengan hukum Newton
2. Siswa dapat menerapkan hukum newton pada gerak vertikal
3. Siswa dapat Menerapkan Hukum newton pada gerak melingkar beraturan
II. Materi Pokok : Penerapan Hukum Newton
- Gaya Sentripetal
- Aplikasi Gaya sentripetal pada gerak melingkar beraturan
- Sistem benda – tali putaran vertikal
III. Metode Pembelajaran :
1. Model pembelajaran : - Pembelajaran berbasis masalah
2. Metode : - Diskusi informasi, Ceramah
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
No | Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
1 | Kegiatan Awal - Pretes : Menanyakan bunyi hukum II nerwton - Prasyarat : Hukum I,II dan III Newton - Motivasi : Sejauh manakah penerapan hukum newton dalah kahidupan sehari-hari ? | 15’ |
2 | Kegiatan inti
| 105’ |
3 | Kegiatan Akhir - Penguatan dengan bertanya secara lisan tentang apa yang telah dipelajari - Memberikan masukan kepada siswa untuk mengulangi semua materi yang telah dipelajari - Menginformasikan ujian semester | 15’ |
V. Sumber/Alat dan bahan Belajar
- Sumber Belajar : Kanginan,M Fisika X, Erlangga hal. 3-43; Supriyanto, Fisika X Phibeta, Istiyono, Fisika X Intan Pariwara
- bahan : Bahan Presentase.
VI. Penilaian
Tehnik Penilaian : Penugasan, Tes Tertulis
Bentuk Instrumen : Pilihan ganda/Uraian (terlampir)
Kognitif
1. Seorang anak berada dalam lift yang bergerak ke bawah dengan percepatan 4 ms-2. Jika massa anak 40 kg dan percepatan gravitasinya 10 ms-2, maka gaya normal (N) yang bekerja pada anak tersebut adalah ….
A. 40 N B.160 N C.240 N D.400 N E.560 N
2. Sebuah benda A massanya 10 gram dipasang pada alat sentripetal dengan beban B= 2 N. Benda A.diputar dengan jari-jari 50 cm, jika benda A dalam keadaan setimbang, maka ….
|
A
3. Sebuah mobil bermassa 2 ton hendak membelok di sebuah tikungan yang berbentuk seperempat lingkaran dengan jari-jari 2 m jika koefisien gesek jalan dan ban mobil 0,2 dan g = 10 m/s2. Maka kecepatan maksimum mobil tersebut agar tidak slip adalah …. (UAN 1990 a. 8 m/s b. 6 m/s c.5 m/s d.4 m/s e.2 m/s
Kendari, Juli 2008
Guru Pamong/ Guru Mata Pelajaran Guru KKP
La Ode Askar, S. Pd. Suherman, S.Pd
NIP. 131 880 882
Mengetahui
Kepala Sekolah SMA Negeri 9 Kendari
Drs. H. La Ode Asyikin Azimu
NIP. 130 679 946
Tidak ada komentar:
Posting Komentar